Kesehatan

Hypnobirthing kurangi Kecemasan saat Pesalinan

(suaramerdeka.com)-SEMARANG; Saat melahirkan sering jadi momen mendebarkan bagi calon ibu dari tahap kontraksi, ketuban pecah hingga detik2 keluarnya bayi dari rahim. Belum rasa sakit menjelang dan saat melahirkan. Kini rasa sakit saat melahirkan bisa dikurangi/diatasi dengan metode hypnobirthing.

 

Menurut praktisi hypnobirthing yang juga bidan Nanda Ira Novita, hypnobirthing itu metode self-hypnosis atau menghipnosis diri sendiri dan teknik relaksasi membantu calon ibu merasa siap serta mengurangi persepsi ketakutan, kecemasan, tegang, dan rasa sakit saat melahirkan. Hasil penelitian kesehatan, penggunaan hipnosis selama persalinan membantu wanita hamil mengatasi ketakutan.

 

”Ketika takut, otot2 jadi tegang. Akibatnya, proses kontraksi dan melahirkan alami jadi terganggu, hingga mengakibatkan rasa sakit berlebihan” ujar Ira yang juga seorang Doula dan pengajar Prenatal Yoga di Bebibyur Jalan Prof Hamka Ngaliyan Square

 

Rasa sakit saat melahirkan karena tubuh dibanjiri adrenalin yang akan mengurangi aliran darah ke rahim serta sistem pencernaan, dan lebih banyak mengalirkan darah menuju otot2 besar di tungkai. Akibatnya, otot2 rahim bekerja kurang baik karena kekurangan darah dan oksigen. Ini membuat proses persalinan lebih susah dan lebih lama. Pasokan oksigen untuk bayi di dalam rahim juga bisa berkurang.

 

”Adrenalin juga membuat tubuh berhenti memproduksi hormon oksitosin yang memudahkan persalinan, dan mengurangi produksi hormon endorfin yang membantu pasien merasa baik dan lebih tahan sakit. Doula juga bisa membantu mendampingi pasien menjalankan metode ini” terangnya.

 

Hypnobirthing ini didasarkan kekuatan sugesti. Prosesnya pakai musik, video, pemikiran dan kata2 positif memandu pikiran, membuat tubuh santai, dan mengendalikan napas saat proses persalinan berlangsung. Caranya bisa memutar musik suara alam, video berkembangnya bunga, atau memikirkan kalimat2 pernyataan : ”Saya ingin melahirkan secara normal”, ”saya relaks, bayi  juga relaks”.

 

Hipnosis dalam hypnobirthing dapat dilakukan sendiri (self-hypnosis) atau meminta bantuan dari hipnoterapis, tergantung pada kebutuhan sang calon ibu.
Sebelum meng-hypnobirthing, calon ibu (dan ayah) dapat ikut kelas kursus hypnobirthing pada saat kandungan berusia sekitar 29 minggu. Pada kursus itu diajarkan posisi tubuh saat persalinan dan kelahiran, relaksasi dan self-hypnosis, dan teknik bernapas. (Modesta Fiska/CN19/SM Network; Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/kesehatan/baca/136069/hypnobirthing-kurangi-kecemasan-saat-persalinan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close