Aku cinta Indonesia

Investasi Pariwisata The Mandalika Capai 17T

(beritasatu.com)-MATARAAM NTB; Guna mendukung program pemerintah meningkatkan kunjungan wisman 20 juta (2019), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia; atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), pengelola kawasan pariwisata The Mandalika Lombok NTB berinvestasi di kawasan pariwisata itu Rp 17,7 triliun.

 

“Sampai kini investasi yang masuk ke The Mandalika Rp 17,7 triliun. Mereka dari perusahaan asing dan perusahaan nasional,” ungkap Dirut PT ITDC Abdulbar M Mansoer, di sela acara HUT ke-45 ITDC, di kawaan Kuta Mandalika, (18/11).

 

Dari total investasi Rp 17,7T, sekitar Rp 3,2T untuk membangun 7 hotel. Sisanya proyek Vinci Construction Grands Projets (VCGP) US$ 1 miliar (Rp 14,5T). ITDC  menggandeng VCGP, anak usaha Vinci, perusahaan global asal Prancis sebagai pelaksanaan pembangunan. Ini ditandai peluncuran Master Land Utiliztion and Development Agreement (LUDA Induk) Agustus 2018.

 

Target penggarapan LUDA seluas 131 ha, yang menghadirkan street race circuit the Mandalika dimulai pada akhir-2018. Sedikitnya, proyek itu akan mengalirkan dana investasi US$ 1 miliar bertahap hingga 15 tahun ke depan.

 

Tahap awal, akan digarap pembangunan Shaza Resort dan Hotel Mysk. Dua hotel berkonsep syariah bintang-5 dan 4 itu bakal beroperasi akhir 2020, dengan kapasitas 400 kamar. “Kini dikembangkan sejumlah hotel di kawasan Mandalika yaitu Hotel Pullman, Royal Tulip dan Paramount Hotels & Resort. ITDC menargetkan 5 hotel dan 1.200 kamar mulai beroperasi pada (2019).

 

Dalam 3 tahun terakhir, progres pembangunan fasilitas pendukung kawasan bertaraf internasional ini signifikan. Komplek pariwisata seluas 1.175 ha ini akan dibangun berkonsep hijau yang ditopang fasilitas hotel, lapangan golf, rumah sakit, theme park, hingga gedung pertemuan kelas dunia.

 

“Pembangunan dan pengembangan the Mandalika berkonsep beda dari The Nusa Dua, Bali. Mandalika akan menawarkan konsep wisata alam yang dipadu dengan sport entertainment,” ujarnya. (Imam Buzakir; MBP;  Bahan dari : Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/wisata/523030-investasi-pariwisata-the-mandalika-capai-rp-17-triliun.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close