RSS Feed     Twitter     Facebook

Jacuzzi of Despair Danau Bawah Laut yang membunuh apapun

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Jacuzzi of Despair Danau Bawah Laut yang membunuh apapun

(travel.tribunnews.com)-Pernah mendengar ada danau bawah laut? Kedengarannya aneh, tapi danau di dasar laut ini berhasil ditemukan kendaraan penelitian (2015) di San Pedro. Danau di dasar laut ini sekilas tampak tak berbahaya.

 

Kenyataannya danau di dasar laut ini membunuh siapa saja yang berani berenang di dalamnya. Dilansir TribunTravel.com laman unbelievable-facts.com, Jacuzzi Despair pertama kali ditemukan oleh kendaraan bawah laut yang dioperasikan dari jarak jauh oleh peneliti.

 

Dinamakan Jacuzzi Despair atau Pit of Despair karena salinitas air yang ekstrim dan gas metana yang membunuh semua makhluk hidup yang masuk ke danau. Jacuzzi of Despair memiliki diameter sekitar 100 meter dengan kedalaman mencapai 3.300 meter di bawah permukaan Teluk Meksiko. Salinitas air 4-5x lebih tinggi dari sekitarnya.

 

Tak cuma itu saja, Jacuzzi of Despair juga berisi metana dan hidrogen sulfida yang merembes dari dasar danau. Danau bawah laut terbentuk selama beberapa juta tahun yang lalu ketika Teluk Meksiko relatif dangkal dan air menguap meninggalkan sedimen besar garam.

 

Setiap kali sedimen garam bergeser atau retak, minyak dan gas yang terperangkap akan lolos, memungkinkan air laut masuk dan bercampur dengan sedimen. Salinitas air yang tinggi membuatnya begitu padat dan kental sehingga tidak bercampur dengan air di sekitarnya.

 

Kondisi ini membuat danau di dasar air itu beracun dan membunuh kehidupan laut yang memasuki danau. Meski danau itu berbahaya, namun kehidupan di sekitarnya subur. Peneliti percaya bahwa memahami tempat2 ekstrim seperti danau ini dan teknologi yang dikembangkan untuk mempelajari sistem ini akan membantu dalam eksplorasi dunia di planet lain.

 

(Laporan Wartawan TribunTravel.com, Ambar Purwaningrum; Bahan dari : http://travel.tribunnews.com/amp/2018/11/06/jacuzzi-of-despair-danau-bawah-laut-yang-membunuh-apapun-yang-berani-berenang-di-dalamnya?_ga=2.259663562.1541248928.1541844868-1679667697.1532572153)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code