Kesehatan

Jantung yang perlu pemasangan Ring

(lifestyle.kompas.com)-JAKARTA; Wapres JK menjalani tindakan pemasangan ring di jantungnya, Rabu (9/9/2015) di RSCM, Jakarta. Pemasangan ring bertujuan memperlancar aliran darah ke jantung akibat adanya penyempitan di pembuluh darah koroner.

 

Ada sebab2 seseorang perlu pasang ring (stent) di jantung. “Pasien terutama yang terkena serangan jantung : Penyumbatan tiba2 pada koroner,” ujar dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Beny Hartono, saat dihubungi Kompas.com, (10/9/15). Serangan jantung karena pecahnya plak, tiba2 menyumbat pembuluh darah koroner dan aliran darah ke jantung tersumbat total.

 

Kondisi ini menimbulkan kerusakan pada otot jantung karena kehilangan pasokan darah. Tindakan pemasangan ring juga dilakukan pada yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung koroner. Arteri koroner yang menyempit atau tersumbat perlu dilebarkan dengan stent. Biasanya stent dilapisi obat untuk membantunya tetap terbuka.

 

Tes kesehatan Angina/nyeri di dada bisa jadi tanda penyempitan pembuluh darah koroner akibat endapan lemak (plak). Dalam kondisi ini, pemasangan ring juga bisa dilakukan. Penyempitan pada pembuluh darah koroner bisa diketahui dengan cek kesehatan rutin di RS. Jika sumbatan lebih dari 60%, maka pembuluh darah koroner makin sempit dan perlu pemasangan ring untuk melebarkannya.

 

“Kalau pas medical check-up kelihatan ada penyempitan, pasang ring bisa dilakukan. Biasanya kalau plaknya sedikit belum perlu pasang ring. Kalau penyempitan di atas 70%, perlu pasang ring,” kata Beny. Banyaknya ring yang dipasang tergantung pada banyaknya sumbatan yang terjadi di pembuluh darah.

 

Plak di pembuluh darah sendiri terbentuk selama bertahun-tahun karena berbagai faktor. Untuk itu, jika telah diketahui ada sedikit plak di pembuluh darah koroner, maka cek kesehatan jantung harus rajin dilakukan, demikian halnya dengan menjaga pola hidup sehat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Kondisi Jantung yang Memerlukan Pemasangan Ring”, Penulis : Dian Maharani; Editor : Lusia Kus Anna; Bahan dari : https://lifestyle.kompas.com/read/2015/09/10/160000523/Kondisi.Jantung.yang.Memerlukan.Pemasangan.Ring)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close