Kesehatan

Kegemukan salah satu penyebab utama Nyeri Pinggang

(viva.co.id)-Low back pain (LBP) atau nyeri pinggang jadi salah satu penyakit yang sering menyerang  dewasa. Penyakit ini umum terjadi lantaran gaya hidup salah. Seperti kegemukan, pola duduk salah hingga terlalu lama berjalan.

 

Spesialis Bedah Saraf, otak dan tulang belakang Bunda Neuro Center, Dr.dr. Wawan Mulyawan, SpBS (K), SpKP menjelaskan kegemukan, salah satu faktor utama penyebab nyeri pinggang. Itu karena berkaitan perubahan bentuk anatomi tubuh.

 

“Dari semua nyeri yang paling berpengaruh adalah berat badan berlebih. Lebih gemuk menyebabkan perubahan bentuk tubuh. Adaptasi tulang bisa baik, bisa enggak,” kata dia saat ditemui di RS Bunda Jakarta, 2/11/2018.

 

Postur duduk yang mempengaruhi nyeri pinggang itu ketika duduk terlalu condong/membungkuk ke arah depan. Terlalu lama duduk pun dapat memengaruhi sakit pinggang. “Duduk sebaiknya maksimal satu jam, bisa berdiri lalu jalan sebentar 5 menit. Kalau ada bakat nyeri pinggang, duduk bisa seperti bos, menyender ke kursi tapi berikan bantalan di area pinggang,” jelas dia.

 

Terkait terlalu lama berjalan dapat menyebabkan nyeri pinggang, kata dia bergantung pada kekuatan otot seseorang. Semakin sering jalan jauh tidak memengaruhi rasa nyeri pinggangnya.

 

“Kalau terlatih enggak masalah. Banyak yang bilang terlalu banyak jalan bisa kena dengkul. Tapi yang terlatih lari jarak jauh di usia (50-60) enggak berpengaruh. Kalau terlatih, sejam, dua jam bisa jalan. Kalau enggak paling setengah jam saja,” jelas dia. (Tim Viva; Bahan dari : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1090580-kegemukan-salah-satu-penyebab-utama-nyeri-pinggang)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close