RSS Feed     Twitter     Facebook

Lima Negara terendah Kriminalitasnya

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Lima Negara terendah Kriminalitasnya

(m.merdeka.com)- Hukum dan aturan yang tegas diberlakukan di beberapa negara yang berhasil mengurangi angka kejahatan. Berikut negara2 dengan tingkat kriminalitas rendah:

 

1-Singapura

Singapura jadi negara teraman di dunia. Sekitar 5,3 juta orang tinggal di negara ini. Meski padat, namun Singapura berhasil menekan tingkat kriminalitas. Contoh pada (2011), ada 16 orang yang dibunuh. Lalu angka itu makin menurun pada 2015 dan 2016. Dan semua bentuk kejahatan kekerasan dan pencurian mencapai posisi terendah 10-20 tahun.

 

Satu2nya kejahatan yang saat ini meningkat adalah kejahatan dunia maya. Pemerintah Singapura sangat bertanggung jawab dengan keamanan negaranya. Wajar saja jika masyarakatnya lebih percaya mereka, karena menghargai keamanan.

 

2-Luksemburg

Salah satu negara terkecil di Eropa ini aman dari kejahatan. Negara ini pernah mengalami perampokan bersenjata pada 2015, namun hingga kini kasus itu tak terdengar lagi. Mengapa Luksemburg bisa menekan kejahatan? Karena standar hidup yang tinggi dan tingkat kemiskinan rendah di negara ini. Luksemburg memiliki PDB per kapita tertinggi ke-6.

Meskipun Luksemburg masih punya masalah. Saat ini ada enam warga Luksemburg yang berperang dengan ISIS di Suriah.

 

3-B elanda

Salah satu negara di benua Eropa ini menutup semua penjara karena tak ada tindakan kriminalitas hingga saat ini. Terakhir kali Belanda mengalami aksi kriminalitas saat 2013. Tapi tahun ini Belanda tak memiliki kasus kriminalitas.

Mengapa Belanda kekurangan tahanan? Karena sistem hukumannya diganti, seperti mengganti penjara narkotika jadi rehabilitasi narkotika. Lalu mengembangkan teknologi pemantauan. Teknologi ini diperkenalkan sejak 2008. Teknologi pemantauan ini dipasang ke pasien rehabilitasi agar mau berbaur dan bekerja dengan warga lain.

 

4-Denmark

Denmark jadi negara aman bagi warga yang menetap di sana. Tingkat pembunuhannya terendah ke-5 dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Tak ada kejahatan di jalanan, membuat pejalan kaki aman berktivitas. Kejahatan jalanan hampir tidak pernah terdengar.

Meski aman, ada kabar Denmark jadi target utama al-Qaeda dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), yang meminta pengikut untuk menyerang negara itu. Namun hingga saat ini tidak ada serangan teror. Hal itu berkat unit intelijen dan unit anti-ekstremisme Denmark berhasil menjaga dari ancaman teror.

 

5-Swiss

Negara ini memiliki salah satu tingkat kepemilikan senjata api tertinggi di dunia. Tapi kejahatan di Swiss  rendah. Pada 2014, hanya ada 41 pembunuhan dalam populasi masyarakat 8 juta. Kurangnya kejahatan ini mungkin berkaitan dengan negara kaya. PDB per kapita Swiss  tertinggi ke-12 dari negara di dunia.

Kekayaan negara ini sejak Perang Dunia II, bank nasional negara mendapat untung besar dari penanganan kasus emas Nazi yang dicuri. Selama ber-tahun2 sejak itu, industri perbankan rahasia negara dituduh menyembunyikan uang tunai dari semua warga Swiss. (mdk/has; Fellianda Suci Agiesta;  Bahan dari : https://m.merdeka.com/dunia/5-negara-paling-rendah-tingkat-kriminalitasnya.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code