Selingan

Lima Pulau berpenghuni paling terpencil di dunia(1/3)

(internasional.kompas.com)-Dari sekitar 7,6 miliar orang yang tinggal di Bumi tak semua tinggal di kota2 ramai atau di pulau2 besar. Banyak warga dunia yang tinggal di tempat2 yang jauh dari keramaian atau di pulau-pulau kecil nan terpencil.

 

Sejumlah pulau kecil dan terpencil di dunia hanya dihuni ribuan bahkan puluhan orang saja. Pulau mana sajakah itu?

 

1-St Helena

Jika Kaisar Perancis Napoleon Bonaparte tak dibuang dan meninggal dunia di tempat ini kemungkinan besar tak banyak yang tahu keberadaan pulau St Helena. Pertamanya Pulau kecil seluas hanya 122 km2 dan berpenduduk 4.200 jiwa itu ibarat sebuah titik kecil di tengah Samudera Atlantik.

 

Pulau ini berjarak sekitar 1.900 km dari pesisir barat daya Afrika dan 2.900 km dari pesisir Amerika Selatan. Cukup terpencil bukan? Pada 2016, pulau yang masih merupakan wilayah seberang lautan Inggris itu akhirnya memiliki sebuah bandara yang diharapkan bisa mengurangi keterisolasioannya.

 

Pemerintah Inggris menghabiskan anggaran lebih dari 300 juta dolar AS atau Rp 4,5 triliun untuk membuka isolasi di pulau tersebut. Sebelum keberadaan bandara ini, satu-satunya transportasi menuju St Helena adalah kapal dari Afrika Selatan yang butuh waktu berlayar selama lima hari.

 

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mengintip 5 Pulau Berpenghuni yang Paling Terpencil di Dunia”, Penulis / Editor : Ervan Hardoko; Bahan dari : https://internasional.kompas.com/read/2018/10/26/18485631/mengintip-5-pulau-berpenghuni-yang-paling-terpencil-di-dunia)-FatchurR * Bersambung…………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close