RSS Feed     Twitter     Facebook

Lima Pulau berpenghuni paling terpencil di dunia(2/3)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Lima Pulau berpenghuni paling terpencil di dunia(2/3)

(internasional.kompas.com)- 2-Pulau Palmerston

Pulau ini adalah guguran atol seluas 2,6 km2 yang ditemukan pelaut Inggris James Cook pada 16/6/1774. Saat pertama kali ditemukan pulau ini tak berpenghuni meski terdapat makam di sana.

 

Pada 1863, Wlliam Marsters, tukang kayu kapal dan pembuat tong tiba di pulau itu dsengan 2 istrinya asal dari Polinesia. Setibanya di pulau itu Marsters menduduki pulau dan merebutnya dari Kerajaan Inggris. Di sana dia menikahi seorang perempuan lagi. Marsters dan ke-3 istrinya memiliki 23 orang anak yaitu nenek moyang 62 orang yang menghuni pulau itu saat ini.

 

Pulau Palmerston kini di bawah kendali pemerintah Cook Island dan Selandia Baru. Belum lama ini, sebuah stasiun telepon dibangun untuk mengurangi keterisolasian. Tak ada bandara di pulau ini, tetapi kapal kargo mengunjungi Palmerston dua kali dalam setahun.

 

  1. Tristan da Cunha

Pulau yang terletak di Samudera Atlantik ini 2.432 km dari Cape Town, Afrika Selatan, 2.161 km dari St Helena, dan 3.486 km dari Pulau Falkland. Tristan da Cunha memiliki wilayah  98 km2 dan memiliki 250 penduduk yang berstatus warga wilayah seberang lautan Inggris. Tidak ada bandara di pulau Tristan da Cunha sehingga satu2nya cara berkunjung adalah perjalanan laut 6 hari dari Afrika Selatan.

 

Sedikitnya penduduk, membuat warga pulau ini mempraktikkan endogami atau menikah hanya dengan orang di kelompoknya saja. Alhasil, kondisi ini menimbulkan masalah kesehatan tertentu misalnya glaukoma dan asma yang diderita sebagian besar penduduk pulau itu.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mengintip 5 Pulau Berpenghuni yang Paling Terpencil di Dunia”, Penulis / Editor : Ervan Hardoko; Bahan dari : https://internasional.kompas.com/read/2018/10/26/18485631/mengintip-5-pulau-berpenghuni-yang-paling-terpencil-di-dunia)-FatchurR * Bersambung…………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code