Aku cinta Indonesia

LIPI Uji Coba Sorgum di Lahan Marginal

(beritasatu.com)-BOGOR-LIPI dan Universitas Kyoto, Jepang, mengkaji potensi sorgum untuk dijadikan sumber energi terbarukan. Penanaman sorgum ini, memanfaatkan lahan marginal yang banyak ditumbuhi alang2 sehingga lahan itu diubah jadi lahan produktif.

 

Tiga daerah yang memiliki kondisi tanah berbeda dan ditanami sorgum itu yakni di Ecopark Cibinong milik LIPI di Cibinong Jabar, Kebun Raya Katingan, Kalteng dan di Kupang, NTT. Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko, juga koordinator kerja sama ini (pihak Indonesia) mengatakan, kajian ini untuk menghasilkan biomassa besar dari revitalisasi lahan alang2 luas.

 

“Lahan ini diproduktifkan sehingga bisa ditanami sorgum dan tanaman tumpang sari lain katanya di sela2 The 3rd Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development (SATREPS) Conference di Gedung Konservasi Kebun Raya Bogor, (22/11). Kerja sama SATREPS ini antara 2016 – 2021. Diperkirakan luas padang alang 10 juta ha. Ini sebagai lahan marginal yang bermanfaat.

 

Sorgum dipilih karena mampu tumbuh cepat di lahan marginal berteknologi yang mampu meningkatkan produktivitas di lahan alang2. Kandungan lignoselulosa sorgum bisa untuk etanol sumber bahan bakar atau energi terbarukan. Bagian sorgum lain : Batang bisa untuk jus sorgum penghasil gula yang cocok untuk Diabatesi.

 

Kandungan lain sorgum bisa untuk lem alami pembuatan partikel board, sorgum ini multimanfaat. Selain energi terbarukan, tentu rendah emisi tidak seperti bahan bakar fosil. Peneliti utama LIPI, I Made Sudiana, menjelaskan, di Surabaya sudah ada perusahaan yang memproduksi pelet dari sorgum dan diekspor ke Jepang dan Korea untuk dijadikan bahan bakar etanol atau energi terbarukan.

 

Di Jepang, pasokan listrik dari batubara beralih ke sorgum. “Kebutuhan mereka tinggi pada pelet sorgum ini”. Sorgum itu asal Afrika dan beradaptasi dan diintroduksi ke Indonesia dari NTT (Rote), Flores dan Kupang. (Ari Supriyanti Rikin; Bahan dari : Suara Pembaruan dan http://www.beritasatu.com/nasional/523770-lipi-uji-coba-tanam-sorgum-di-lahan-marginal.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close