Kesehatan

Makanan bergizi super untuk menjaga Daya tahan tubuh

(m.merdeka.com)-Di musim hujan, bakteri jadi lebih mudah berkembang biak. Tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Karena itu perbaikan nutrisi penting untuk agar tubuh sehat. Makanan bergizi bukan cuma protein-karbohidrat. Vitamin dan antioksidan juga perlu untuk menjaga daya tahan sistem imun.

 

Berikut ini beberapa jenis makanan dengan kandungan gizi super yang bisa membantu Anda melindungi diri dari serangan penyakit di musim hujan, seperti dilansir oleh Healthline.

 

1-Bawang Merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih mengandung senyawa antioksidan yang bisa menangkal virus dan bakteri. Jadi mampu mencegah infeksi hingga menurunkan risiko terhadap jenis2 penyakit kanker. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang ampuh mencegah penyakit2. Khasiatnya paling tinggi jika dikonsumsi mentah.

 

2-Jeruk

Buah2 golongan sitrus seperti jeruk keprok, grapefruit, jeruk nipis, hingga lemon itu sumber utama vitamin C. Vit-C penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Jeruk2an mengandung lebih dari 8000 flavonoid, kalium, asam folat, dan serat. Jeruk2an mampu mencegah penyakit kardiovaskular, inflamasi, dan kanker.

 

3-Teh Hijau Hangat

Teh hijau itu bahan makanan unggul dari kandungan antioksidan berkat kadar epigallocatechin gallate (EGCG) yang tinggi. EGCG terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Teh hijau juga sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine membantu dalam produksi senyawa antikuman di sel T manusia.

Polifenol, flavonoid, dan katekin di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang merusak sel dan meningkatkan respons kekebalan tubuh. Teh hijau panas membantu menenangkan tenggorokan dan membantu tubuh tetap hangat.

 

4-Yogurt

Probiotik, kultur bakteri sehat yang hidup di yogurt merangsang sistem kekebalan tubuh melawan penyakit. Semua jenis probiotik bermanfaat, tapi jenis terbaik itu lactobacillus reuteri yang menstimulasi sel darah putih. Lebih baik lagi jika Anda bisa menemukan produk yogurt yang diperkaya vit-D. Pasalnya kadar vit-D yang rendah ditengarai berkaitan dengan peningkatan risiko pilek dan flu.

 

5-Sup Ayam

Daging unggas seperti ayam, itik, dan kalkun tinggi kandungan vit-B6. Sekitar 300 gram daging ayam bisa memenuhi 50% kebutuhan harian vit-B6 yang disarankan. Vitamin B-6 penting membentuk sel darah merah dan membantu reaksi kimiawi tubuh.

Kaldu yang dibuat dengan merebus tulang ayam mengandung gelatin, chondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh. Kaldu juga menyediakan cairan yang dibutuhkan tubuh selama sakit flu.

Garam membantu menjaga saluran hidung agar tetap bersih dan selaput lendir tipis. Kurang lebih manfaatnya seperti obat batuk. Jika Anda meminum kaldunya selagi panas, kuah sup ayam juga bisa bertindak sebagai dekongestan alami karena uap panasnya.

 

6-Jahe

Jahe digunakan mengobati ber-jenis2 penyakit. Rimpang ini berguna untuk pencernaan, mencegah inflamasi, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe membantu meluruhkan racun di organ dalam yang menjadikan tubuh rentan terhadap infeksi. Untuk mendapatkan minuman antiflu yang ampuh, cobalah ramuan jahe dan lemon atau jeruk nipis setiap pagi.

 

7-Pepaya

Jenis buah ini kaya kandungan vit-C. Satu buah pepaya mengandung 224% jumlah vitamin C yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Pepaya memiliki enzim pencernaan papain yang memiliki efek antiinflamasi. Jumlah kalium, vitamin B, dan folat cukup pada Pepaya, semua bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

8-Kerang

Mungkin kerang bukan jenis makanan yang biasa direkomendasikan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari virus flu. Padahal kerang kaya seng yang diperlukan sel2 kekebalan tubuh agar berfungsi baik. Seng tidak disarankan dikonsumsi melebihi jumlah yang disarankan. Pria dewasa ukurannya 11 miligram, wanita butuh 8 mg. Pasalnya terlalu banyak seng menghambat fungsi sistem kekebalan.

 

9-Ubi Ungu

Buah, umbi, dan sayuran yang mengandung antosianin tinggi baik untuk dimakan ketika sakit karena berefek antiinflamasi, antiviral, dan meningkatkan kekebalan. Hasil penelitian, bahwa antosianin dapat menghambat virus dan bakteri agar tidak bisa menempel pada sel. Antioksidan ini dapat menstimulasi respon imun tubuh.

10-Madu

Madu berefek antibakteri yang kuat berkat kandungan senyawa antimikrobanya yang tinggi. Bukti2 menunjukkan madu dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Kualitas ini membuat madu jadi makanan baik ketika sakit, terutama jika Anda sakit tenggorokan yang disebabkan infeksi bakteri.

Banyak penelitian menunjukkan madu bermanfaat membantu penyembuhan batuk pada anak2. Namun harap diingat madu tidak boleh diberikan kepada anak2 di bawah 12 bulan.

Campurkan setengah sendok teh madu dan segelas susu hangat, air atau secangkir teh. Ini minuman antibakteri yang menghidrasi tubuh, mengurangi batuk, dan menenangkan tenggorokan. Itulah jenis2 makanan yang bisa membantu tubuh meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit di musim hujan. Konsumsi teratur dalam jumlah yang disarankan untuk dapat manfaat maksimal.

 

(mdk/tsr; Tantri Setyorini; Bahan dari : https://m.merdeka.com/sehat/10-makanan-bergizi-super-untuk-jaga-daya-tahan-tubuh-di-musim-hujan.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close