Wisata dan Kuliner

Mengenal Kuliner di Cilegon-Perlu dicoba(1/2)

(travelingyuk.com)-Jika kita ke Cilegon sebagai tujuan wisata ada pilihan2 kuliner khas. Rata2 menunya jadi hindangan khas kota lain di Banten sebab pernah jadi satu wilayah di bawah kerajaan Islam Banten. Inilah 7 kuliner khas yang wajib dicicipi saat berada di Cilegon.

 

1-Ayam Bekakak Kranggot

Ayam Bekakak Kranggot ini menu khas dari Cilegon. Bentuknya sama dengan ayam bakar umumnya. Yang membedakan, menggunakan bumbu khas Banten yang kaya rempah. Selain itu beda Ayam Bekakak Kranggot dengan Ayam Bekakak di daerah lain adalah cita rasanya.

 

Ayam Bekakak Kranggot khas Cilegon bercita rasa khas, pedas dan manis. Menu lezat ini disajikan pada acara2 selamatan, seperti khitanan, pernikahan, maulidan dsb. Ayam sebagai bahan dasarnya bukan ayam potong melainkan ayam kampung. Kini menu spesial ini juga dijual di warung2 makanan menu khas daerah Cilegon.

 

2-Sate Bandeng

Makanan khas Cilegon dan juga Banten berikutnya : Sate bandeng. Sate bandeng ini olahan ikan bandeng tanpa duri. Tidak seperti bandeng presto khas Semarang atau bandeng cabut duri milik Sidoarjo, sate bandeng dari Cilegon ini dibuat dengan menumbuk daging bandeng yang telah dihilangkan durinya, dicampur bumbu2 :

 

Bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, gula merah, garam dan yang tidak kalah penting yaitu parutan kelapa yang tidak terlalu tua.

 

Cara memasak seperti ini dilakukan juru masak Kesultanan Banten untuk memudahkan menyantap hidangan ikan bandeng yang banyak duri halus meski dagingnya lezat. Variasi lain memasak sate bandeng dengan menghidangkan ukuran besar dan dibungkus daun pisang lalu dibakar sampai matang layaknya membuat pepes. Umumnya hidangan sate bandeng disantap bersama sambal kacang.

 

3-Rabeg

Rabeg, makanan khas Cilegon yang tidak boleh traveler lewatkan. Makanan ini sakral karena pada zaman dulu rabeg hanya disajikan di acara tertentu seperti pernikahan. Makanan ini jadi menu favorit Sultan Hasanuddin yang pernah memimpin kesultanan Banten.

 

Rabeg Cilegon ini berkuah mirip semur. Dibuat dari olahan daging kambing/sapi, dicampur potongan jeroan yang dimasak menggunakan rempah2 dan bumbu. Menu ini kian nikmat kala disajikan dengan nasi uduk. Makanan ini menu favorit warga Cilegon hingga Serang.

 

Untuk mencicipi menu ini traveler bisa mampir ke salah satu rumah makan di sepanjang jalan Cilegon-Serang. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran kebanyakan menjual menu rabeg. (Alfri; Bahan dari : https://travelingyuk.com/kuliner-khas-cilegon/14997/)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close