Wisata dan Kuliner

Mixmate Band Papua Nugini (PNG) Kepincut Kuliner Papua yang Lezat

(suaramerdeka.com)-KEEROM; Tampil di Festival Crossborder Keerom 2018 jadi berkah bagi Mixmate Band. Band reggae asal PNG ini kembali menikmati kuliner favorit di Papua. Sebab, kuliner Bumi Cenderawasih diakuinya bercita rasa nikmat.

 

Keerom juga Papua tidak ubahnya kampung halaman bagi Mixmate Band. Mereka kerap dilibatkan di event2 Festival Crossborder. Sedikitnya Mixmate tampil 5x di Papua termasuk Keerom. Kerap hilir mudik PNG ke Papua, Branden dkk memiliki makanan favorit. Pun saat show di Lapangan Bola Swakarsa, Arso, Keerom, Papua (16/11).

 

“Masyarakat Papua dekat dengan Mixmate. Kami ini sering show di sini. Tampil di Papua di event Festival Crossborder seperti di Keerom ini luar biasa. Secara budaya ada kesamaan, tapi kuliner dan alamnya berbeda. Di Papua lebih segalanya, terutama kulinernya,” ungkap Vokalis Mixmate Branden.

 

Kerap ke Bumi Cenderawasih, Mixmate punya kuliner favorit. Branden misalnya, dia menggilai kuliner Ikan Rica Rica. Baginya kuliner ini spesial, terutama baluran kecap manisnya yang memberi sensasi rasa unik. Branden menambahkan, Ikan Rica Rica selalu diburunya kala berada di Bumi Cenderawasih.

 

“Setiap personil memiliki makanan favoritnya masing2 di Papua. Papua ini memiliki banyak jenis kuliner terbaik. Semua nikmat. Kalau saya, favoritnya Ikan Rica Rica. Kuliner ini bisa dikatakan langka di PNG. Rasanya nikmat dan khas. Kalau berada di sini, pasti selalu cari,” lanjutnya lagi.

 

Papua jadi situs besar kuliner terbaik. Misal Udang Selingkuh. Kuliner ini identitas Papua. Ada Martabak Sagu. Sesuai namanya, martabak ini berbahan sagu. Rasanya semakin khas dengan saus dari gula merah. Kuliner ini mudah dijumpai karena biasanya dijual di pinggir2 jalan saat sore hingga malam hari.

 

Papua juga ada Papeda berbahan utama sagu. Untuk menyantap Papeda, pakai lauk ikan tongkol atau mubara kuah kuning. Lebih unik, Papua menyediakan kuliner Sate Ulat Sagu. Ulat2 ini diperoleh dari batang sagu tua dan lapuk. Branden mengatakan, variasi cita rasa dan kuliner di Papua lebih beragam.

 

“Selain kuliner favorit, kami selalu coba yang baru dan unik. Semua di sini enak, saya rekomendasikan  kepada teman2 di PNG. Yang jelas, kami mendukung program Festival Crossborder ini. Sebab, event ini bisa mendekatkan masyarakat PNG dengan Papua,” katanya Branden lagi.

 

10 Lagu

Membaur di keberagaman, performa terbaik diberikan Mixmate Band. Tampil di publik, Mixmate Band melontarkan 10 lagu. Misal lagu medley Yu No Tisa Turu, Salim Pas, Me Save Lu Kim Yu, dan Yu Shine. Juga Sticky Tape, Oh Vavi, Pamela, Tamine Kove, Mangi Sepik, Ai Waru, Mt Lemina, dan Ani Apo.

 

“Performa Mixmate Band ini dinanti publik Papua, termasuk Keerom. Pengunjung menikmati musik2  reggae milik Mixmate. Personil Mixmate juga menikmati moment di Papua. Sebab, Papua kaya alam, budaya, dan kuliner,” tegas Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani.

 

Meniupkan energi gembira, Festival Crossborder Keerom memberi slot bagi talentanya. Mereka jadi pembuka konser Mixmate Band. Festival ini memunculkan Bupati Keerom yang menyumbangkan lagu Bento dan Terajana. Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauziyani menjelaskan, Mixmate selalu membawa angin segar di setiap penampilannya.

“Kami sering bekerjasama di event crossborder dengan Mixmate. Mixmate selalu memberi kesegaran. Banyaknya keragaman kuliner di Papua jadi daya tarik bagi pengunjung event. Hal ini jadi bukt Indonesia itu surganya wisatawan,” ujar Ricky.

 

Menpar Arief sumringah lantaran personil dari Mixmate Band mampu membaur dengan masyarakat Papua. Menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan jadi #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok mengungkapkan, Papua memberi banyak experience kepada wisatawan.

 

“Tanah Papua ini kaya. Alam, budaya, dan kulinernya luar biasa. Semua ini jadi daya tarik. Silahkan datang ke Papua, nikmati ragam keunikannya. Apa yang dilakukan Mixmate Band ini luar biasa karena cepat membaur dengan asyarakat” tutupnya. (Andika Primasiwi/CN26/SM Network; Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/travel/baca/146902/mixmate-band-papua-nugini-kepincut-cita-rasa-kuliner-papua-yang-lezat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close