Selingan

Passage du Gois Jalan di Prancis yang bisa dilewati ketika air lait surut

(m.tribunnews.com)-Ada satu jalan unik di Prancis karena hanya bisa dilewati 1-2 jam setiap harinya karena tergantung dengan turun-naiknya permukaan laut. Jalan ini bernama Passage du Gois, jalan di Prancis yang dapat timbul dan tenggelam karena kondisi air laut.

 

Passage du Gois terletak di Teluk Bourgneuf yang menghubungkan Pulau Noirmoutier ke daratan utama Vendee sejauh 4,5 km. Dalam satu hari sekitar 1-2 jam air laut yang berada di sisi kiri dan kanan jalan akan surut, sehingga Passage du Gois bisa diakses, lalu jalan ini menghilang kembali terendam karena air laut yang pasang sedalam 1,3 meter.

 

Jalan Passage du Gois ini sebenarnya terbentuk secara alamiah. Pada awalnya, untuk mencapai Pulau Noirmoutie para warga harus menggunakan perahu sebagai satu2nya alat transportasi penghubung ke Pulau Noirmoutie.

 

Setelah itu, secara alami terbentuklah Teluk Bourgneuf bertahap, lama kelamaan timbunan lumpur itu  memungkinkan dilewati manusia dan binatang menuju Pulau Noirmoutie. Melintasi jalan Passage du Gois itu berbahaya, peringatan tentang kondisi air laut sudah dipasang, membuat pengunjung bisa tahu kapan diperbolehkan menyebrang atau tidak.

 

Meskipun ada tanda peringatan air pasang ditulis di kedua sisi jalan tapi setiap tahunnya tetap banyak pengunjung yang terjebak di tengah pasang air laut.

 

Bila ada pengguna jalan yang terjebak di tengah lintasan, maka mereka bisa menyelamatkan diri dengan memanjat menara2 penyelamatan dan menunggu bantuan datang atau air laut kembali surut. Saat ini ada 10 ribuan orang tinggal di Pulau Noirmoutier dan mereka belajar memperhatikan tanda peringatan agar tidak terjebak di tengah Passage du Gois.

 

Dengan keunikannya itu, Passage du Gois jadi populer di kalangan para turis, pada saat surut banyak pengunjung yang mencoba melintasi Passage du Gois. Bahkan pada 1999, Passage du Gois juga sempat digunakan sebagai jalur lomba balap sepeda Tour de France.

 

 (TribunTravel.com/Penulis: Gigih Prayitno; Editor: Ambar Purwaningrum; Sumber: Tribun Travel;   Bahan dari : http://m.tribunnews.com/travel/2018/11/06/inilah-passage-du-gois-jalan-di-prancis-yang-hanya-bisa-dilewati-ketika-air-laut-sedang-surut)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close