Kesehatan

Penyebab Tumit gampang pecah dan mengatasinya

(lifestyle.okezone.com)-Sebagian orang tentu pernah kulit bagian tumitnya pecah2. Ini sering terjadi pada yang memiliki kulit kering. Penyebabnya beragam, dari usia hingga cara seseorang beraktivitasnya se-hari2.

 

Usia membuat kulit seseorang kehilangan kelembapan, apalagi jika tidak dijaga maksimal. Kulit kering bisa terjadi bila sering terpapar suhu ekstrem. Pada ibu2 yang sering bertugas rumah tangga, penggunaan sabun dan deterjen bisa jadi penyebabnya.

 

“Mandi air panas terlalu lama juga bisa membuat kulit kering. Karena air panas bisa menguapkan kelembapan kulit” ujar Yosi Krisyanti Business Unit Manager Skin Care Sato Hakubi di acara talkshow oleh Sato PASTARON di AEON Garden City, Cakung, Jakarta Timur, Minggu, 18/11/2018.

 

Kondisi kulit kering inilah yang memicu tumit jadi pecah2. Pada tahap ekstrem, tumit yang pecah2 bisa mengeluarkan darah sehingga memunculkan rasa perih. Selain kulit kering, tumit pecah2 disebabkan  beberapa hal. Salah satunya karena tidak memakai moisturizer teratur.

 

“Pakai sepatu sandal bertali dan terbuka bisa membuat tumit pecah2. Karena menyebabkan kulit jadi kering akibat terpapar udara panas” ujar Yossi. Hal lain pemicu tumit tidak sehat : Berdiri terlalu lama. Saat terlalu lama berdiri, postur badan menekan kulit dan menghasilkan kondisi kulit tumit tidak sehat.

 

Cara mengatasinya

Untuk mengatasi tumit pecah2, gunakan moisturizer teratur. Pilihlah moisturizer yang mengandung krim urea 10-20%. “Gunakan krim yang memiliki urea 20% dan keratolytic. Anti inflamasi bisa didapat dari dipotassium glycyrrhizinate dan anti oksidan pakai tocopherol,” jelas Yossi.

 

Untuk menggunakan krim pada tumit, pastikan tumit Anda dibersihkan. Pakai krim 3x sehari sambil dipijat. Jika kulit tumit terlalu keras dan tebal, rendam dulu menggunakan air hangat dan menyikatnya dengan lembut sebelum mengoleskan krim.

 

Hindari terlalu sering pakai sepatu sandal. Anda bisa mengaturnya, misal 3 hari pakai sepatu tertutup, esoknya pakai sepatu sandal. Ia juga menyarankan jika kondisi tumit terlalu parah, pakailah kaus kaki, terutama di malam saat suhu kamar dingin karena AC. Minum air yang banyak, penting untuk kesehatan kulit.  (tam; Utami Evi Riyani; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/11/19/481/1979967/penyebab-tumit-gampang-pecah-pecah-dan-cara-mengatasinya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close