Iptek dan Lingk. Hidup

Turki resmikan Bandara terbesar di dunia

(koran-jakarta.com)- ISTANBUL; Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada (29/10), meresmikan bandara internasional yang diklaim terbesar di dunia. Bandara internasional yang dibangun di Distrik Arnavutkoy, Istanbul ini, menggantikan Bandara Ataturk yang sudah tua.

 

“Ini megaproyek utama presiden. Bandara baru ini akan menjadikan Istanbul sebagai poros perjalanan global yang menghubungkan Eropa, Asia, dan Afrika, serta menjadikan Turkish Airlines jadi maskapai penerbangan raksasa,” kata Presiden Erdogan.

 

Bandara baru yang menelan biaya abesar 12 miliar dollar AS ini diprediksi akan mempu menampung penumpang sebanyak 90 juta penumpang per tahunnya. Saat bandara ini rampung pada 2028, kapasitas penumbang yang bisa ditempung akan bertambah hingga 200 juta penumpang.

 

Menurut operator pengelola bandara, Istanbul Grand Airport, saat beroperasi penuh (2028), bandara baru ini akan memiliki 6 landas pacu dan dua gedung terminal di luas lahan selebar 76 km2. (AFP/I-1; Bahan dari : http://www.koran-jakarta.com/turki-resmikan-bandara-terbesar-di-dunia/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close