RSS Feed     Twitter     Facebook

Ujian-Musibah Dan Azab

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Ujian-Musibah Dan Azab

3 kata yang memiliki arti hampir sama, yaitu: Ujian, Musibah Dan Azab

Walau terlihat memiliki arti mirip, tapi ada perbedaan di antara ketiga istilah tsb.

 

Contohnya, saat ada orang mendapat kesusahan, maka ia kadang berucap kalau dia mungkin kena AZAB.

Padahal hal, itu belum tentu kalau ia sedang mendapatkan AZAB, mungkin saja ia sedang Allah timpakan MUSIBAH ataupun Allah sedang memberinya UJIAN.

 

1-UJIAN

Tiap manusia di dunia ini pastinya tak akan terlepas dari ujian yang diberikan oleh Allah Ta’ala. Ujian itu tidak hanya kesusahan, kesempitan, tapi juga ujian itu berupa kebahagiaan dan kelebihan rezeki.

“Kami benar2 menguji kamu agar Kami tahu orang2 yang berjihad dan bersabar di antara kamu“. (QS. Muhamad: 31)

 

Allah tidak akan melepaskan manusia itu dari ujiannya, agar dapat diketahui mana orang2 yang bersabar atau tidak bersabar. Allah SWT menguji hamba-Nya sesuai tingkat kemampuannya, dan tak lebih berat.

Jika ia berhasil melewati ujian, maka ia dipilih Allah karena termasuk golongan sabar dan ikhlas.

 

“Wahai Rasulallah! Siapakah orang yang paling berat ujiannya? Beliau jawab, “Para Nabi. Kalangan selanjutnya (yang lebih utama) dan selanjutnya. Seseorang diuji sesuai kadar (kekuatan) agamanya. Jika agamanya kuat, maka ujiannya bertambah berat. Jika agamanya lemah maka diuji sesuai kadar kekuatan agamanya“. (HR. at-Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah)

 

2-MUSIBAH

Musibah itu tak selamanya diartikan bentuk murka Allah kepada manusia. Musibah itu bisa berupa kesusahan, kesulitan dan kesedihan karena mendapat sesuatu yang tak disukai atau tak diinginkan. Tidak seperti Ujian yang selain kesusahan dan kesulitan, juga bisa berupa kesenangan dan kebahagiaan.

 

“Apa saja musibah yang menimpa kamu maka disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan2mu)“. (QS. Asy-Syura: 30)

Sama seperti Ujian, tidaklah Allah ta’ala memberi musibah ke tiap hambanya melainkan agar manusia itu dapat lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

 

3-AZAB

Azab itu siksaan sebagai akibat dari perbuatan atau kesalahan yang pernah ia perbuat. Azab itu berupa kepedihan yang diberikan Allah SWT ke orang2 kafir dan orang yang menentang-Nya di dunia dan di akhirat. “Kami merasakan kepada mereka sebagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab lebih besar (di akhirat), mudah2an mereka kembali (ke jalan yang benar)“. (QS. As Sajadah: 21)

 

Itulah yang membedakan antara UJIAN, MUSIBAH dan AZAB.

UJIAN dan MUSIBAH diberikan Allah pada orang2 muslim agar mereka dapat derajat yang tinggi disisi-Nya jika mereka bersyukur dan bersabar serta diikuti dengan hati yang ikhlas. Sedangkan AZAB diberikan kepada orang-orang karena mereka melakukan kesalahan ataupun kejahatan.

 

Azab juga balasan atas perbuatan jahat yang mereka kerjakan, kejahatan besar atau kecil, semua  menerima azabnya sesuai yang diperbuatnya. Selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan Nya, dan bersabar serta ikhlas menerima segala ujian dan musibah yang diberikan-Nya itu cara terbaik bagi kita agar lebih dekat kepada-Nya. (Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code