Iptek dan Lingk. Hidup

5 Hoax yang bikin geger pada Nopember-2018

(inet.detik.com)-JAKARTA; Kominfo membeberkan temuan Hoax / info palsu, yang  berdampak pada masyarakat. Berdasar hasil analisa Tim Anti Hoax, Dirjen Aplikasi Informatika KemenKominfo, selama bulan November 2018 ada 5 isu paling viral dan banyak dibicarakan di Medsos. Kelima isu itu :

1-Kartu Nikah Dengan 4 Foto Istri
Setelah Kemenag resmi menerbitkan kartu nikah bagi pasangan suami-istri untuk efisiensi dan akurasi data, beredar viral di medsos gambar kartu nikah warna kuning yang tercantum logo Kemenag dibagian atasnya. Di dalam kartu itu tercantum 4 kolom istri dan 1 kolom suami lengkap dengan kolom nama dan tanggal pernikahan di masing2 kolom istri.

Sebagian netizen menganggap hal itu lelucon, namun tidak sedikit yang berspekulasi bahwa itu kartu legalitas untuk berpoligami, padahal isu2 tersebut hoax.

2-Hasil rekaman blackbox Lion Air JT610

Kecelakaan jatuhnya Lion Air JT 610 di perairan laut Karawang, Jabar (29/10) jadi isu yang banyak dibincangkan di ruang2 publik dan medsos. Bersamaan itu, bermunculan isu2 : Berita, foto, dan video yang disinformasi / hoax terkait peristiwa jatuhnya pesawat itu. Kabar hoax ini menimbulkan spekulasi dan keresahan masyarakat, mengingat banyaknya korban pada tragedi maut itu.

 

Setidaknya 4 isu hoax tercatat oleh Kominfo di bulan Oktober, di bulan November juga ditemukan berita hoax, yaitu beredarnya video yang diklaim sebagai rekaman black box dari pesawat Lion Air Jt 610. Video itu diunggah di platform Youtube dan ditonton oleh lebih dari 68 ribu views.

 

3-Hoax Pelaku penculikan anak di jalan Kran Kemayoran

Isu maraknya penculikan anak yang hanya hoax juga jadi isu viral di bulan Oktober dan November. Banyaknya unggahan isu hoax tertangkapnya penculik di daerah2 penculik, serta penculik yang menyamar sebagai orang gila, dan modus2 lain yang tak terbukti kebenarannya, membuat para orang tua resah.

 

Dari isu2 penculikan anak yang viral di November, di antaranya isu hoax ditangkapnya pelaku penculikan anak di jalan Kran Kemayoran, Jakarta.

 

4-Ratusan Jasad Anak2 korban penculikan

Selain isu penculikan/pelaku penculikan, juga viral adanya isu ditemukannya jasad anak2 korban penculikan untuk diambil organ tubuhnya dan diperjualbelikan. Di antara isu itu, ada unggahan foto yang diklaim : Ratusan anak korban penculikan dan itu tidak benar atau hoax. Yang beredar penculikan anak untuk diambil organ tubuhnya ini membuat para ortu resah dan merasa anak2nya terancam.

 

5-Teori Konspirasi Imunisasi

Imunisasi tak jarang dapat penolakan dari kelompok2 masyarakat karena banyak info tidak benar bahkan hoax terkait imunisasi. Salah satu hoax tentang vaksin imunisasi yang viral, adanya isu konspirasi penyebaran virus/penyakit melalui vaksin yang dikabarkan mengandung sel2 hewan, virus, bakteri, darah, dan nanah dan disuntikkan ke tubuh manusia.

 

Isu yang tidak benar ini berdampak luar biasa terhadap stigma masyarakat tentang Imunisasi. Imbasnya masyarakat jadi ragu dan takut untuk memberikan imunisasi pada anak2 mereka. (AGT/krs; Agus Tri Haryanto; Bahan dari : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4337410/5-hoax-yang-bikin-geger-sepanjang-november)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close