RSS Feed     Twitter     Facebook

Hal penting tentang penyakit Herpes(1/2)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Hal penting tentang penyakit Herpes(1/2)

(m.merdeka.com)-Herpes, penyakit kulit yang umum ditemui. Penyakit ini ditandai munculnya gelembung2 berisi cairan yang berkelompok di permukaan kulit. Herpes kadang disebut penyakit cacar oleh sebagian orang. Penyebab herpes kulit adalah virus herpes yaitu virus HSV.

 

1-Mengenal Herpes Kulit

Herpes, penyakit kulit akibat serangan virus HSV. Penyakit herpes kulit dan herpes genitalia ini jenis herpes paling umum ditemui. Infeksi virus herpes yang menyebabkan luka di leher, di bibir, atau di bagian tubuh lain pasti menyebabkan sensasi gatal kadang perih.

 

Ada dua macam penyakit herpes : Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Keduanya disebabkan virus herpes, namun gejala herpes kedua jenis ini tidak sepenuhnya sama. Gejala herpes : Hal yang harus diwaspadai agar tidak makin parah. Ciri2 yang timbul akibat serangan virus herpes umumnya demam, menggigil, sesak napas, nyeri di persendian dll.

 

2-Herpes Simplex

Herpes simplex, tipe penyakit herpes yang menyebabkan ruam dan luka melepuh di leher, lengan, dan di anggota tubuh lain. Penyebab herpes berdasarkan virus yang menjadi pemicu penyakit ini:

HSV-1
Tipe 1; dikenal Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), virus ini menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 pada kenyataannya infeksi yang umum. Infeksi virus herpes tipe HSV 1 seperti herpes di leher, herpes mirip sariawan di mulut, dan ruam lepuh lain. Bisa diobati tapi tidak bisa sembuh total karena se-waktu2 kalau tubuh lemah bisa muncul lagi.

Penyebab herpes adalah penyakit yang berkaitan masalah daya tahan tubuh. Kita harus menjaga daya tahan tubuh agar prima. Ketika daya tahan tubuh prima, virus herpes akan berdiam di tubuh dan tidak menyebabkan gejala gangguan kesehatan : Gatal dan luka melepuh. Ketika daya tahan tubuh merosot, virus herpes ini kembali menyebabkan luka, lalu merah, gatal, dan berair.

 

HSV-2
Penyebab herpes tipe selain HSV-1 yakni HSV-2. Penyebab herpes tipe 2, dikenal dengan HSV-2 (herpes genitalis). Virus ini menyerang pinggang ke bawah, biasanya kelamin sehingga biasa disebut Herpes Genitalis. HSV-2 tidak bisa menular melalui udara, tapi virus herpes ini bisa menular via hubungan seks.

Penyebab herpes ini bisa muncul di vagina, dubur, dan selangkangan. Ini juga tak bisa sembuh. Pada laki2, herpes ini terlihat tapi pada perempuan tak tampak. Tapi bukan berarti herpes genital ini tidak dapat menyerang perempuan. Walau tak terlihat langsung, perempuan harus mewaspadai serangan infeksi virus HSV-2 ini.

Tanda2 yang dapat ditemukan ketika seorang perempuan terinfeksi virus HSV tipe kedua : Rasa gatal yang tidak tertahankan pada miss V, keluarnya cairan dari alat genital yang tidak biasa, ada benjolan di sekitar alat genital, sakit saat buang air kecil, dan ada luka di sekitar alat kelamin atau anus.

 

3-Herpes Zoster

Penyebab herpes zoster, penyakit infeksi pada kulit lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus penyebab herpes yang menyerang sama. Bedanya, herpes zoster berciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di punggung, dahi atau dada.

Proses penularan virus herpes zoster ini melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung lepuh yang pecah. Cara terbaik mencegah tertular penyakit akibat virus herpes zoster ini : Menjaga kebersihan barang se-hari2, menjaga daya tahan tubuh, dan meminimalkan kontak langsung dengan penderita yang terkena penyakit cacar air.

 

(Reporter: Rizky Mandasari; mdk/tsr; Tantri Setyorini; Bahan dari : Liputan6.com dan https://m.merdeka.com/sehat/6-hal-penting-yang-perlu-diketahui-tentang-penyakit-herpes.html)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code