RSS Feed     Twitter     Facebook

Hal penting tentang penyakit Herpes(2/2)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Hal penting tentang penyakit Herpes(2/2)

(m.merdeka.com)- 4-Pertolongan Pertama untuk Herpes

Yang harus dilakukan penderita ketika mendeteksi gejala herpes : Menjaga gelembung cairan tidak pecah agar tidak meninggalkan bekas dan jadi jalan masuk bagi kuman lain (infeksi sekunder). Penderita yang tak tahan kondisi hawa dingin dianjurkan tidak mandi, karena bisa menimbulkan shock.

Hal terpenting kedua adalah jika mencurigai seseorang terinfeksi herpes kulit, segeralah ke dokter untuk diidentifikasi awal. Ini langkah penting karena berkaitan kesehatan penderita dan orang2 di sekitarnya.

Biasanya, dokter memeriksa sesuai gejalanya. Infeksi akibat virus herpes dapat dilihat kasat mata dengan memperhatikan luka akibat penyakit ini. Bila dokter menyarankan untuk prosedur observasi lanjutan, Anda diarahkan di tes antibody, mengambil sampel darah, atau kultur virus herpes dengan  mengambil cairan genital atau cairan asal dari luka yang mengalami infeksi herpes ini.

 

5-Pengobatan Herpes

Obat herpes mengurangi keluhan gejala seperti nyeri dan demam, misalnya Paracetamol. Selain obat yang bisa mengurangi rasa nyeri dan demam, penderita infeksi virus herpes dapat diberi antiviral yang dapat membantu tubuh melawan gejala infeksi virus itu.

Pemberian Acyclovir tablet (Desciclovir, Famciclovir, Valacyclovir, dan Penciclovir) sebagai antiviral bertujuan mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta melindungi seseorang dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus herpes.

Pemberian obat Acyclovir saat rasa nyeri atau rasa panas membakar pada kulit, tidak perlu menunggu gelembung cairan (blisters). Herpes, penyakit yang mengganggu, tapi bisa ditangani sehingga gak perlu gelisah. Kondisi tubuh yang terinfeksi virus herpes dapat sembuh lebih cepat jika daya tahan tubuh kuat.

Pada kondisi serius di mana daya tahan tubuh sesorang lemah, penderita penyakit cacar (herpes) sebaiknya mendapat pengobatan terapi infus (IV) Acyclovir.

 

6-Pencegahan

Jika belum pernah terkena herpes, ada upaya pencegahan agar imunitas kita mampu menangkal infeksi virus ini. Pencegahan, sebaiknya mendapatkan imunisasi vaksin Varisela zoster. (Reporter: Rizky Mandasari; mdk/tsr; Tantri Setyorini; Bahan dari : Liputan6.com dan https://m.merdeka.com/sehat/6-hal-penting-yang-perlu-diketahui-tentang-penyakit-herpes.html)-FatchurR * Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code