RSS Feed     Twitter     Facebook

Kekeliruan seputar Khasiat Air Kelapa

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Kekeliruan seputar Khasiat Air Kelapa

(lifestyle.kompas.com)-Air kelapa, apalagi yang muda kerap dijadikan minuman pelepas dahaga. Hanya, tak sedikit masyarakat awam yang minum air kelapa bertujuan lain. Ada yang menyebutkan kalau air kelapa dapat menurunkan berat, memperbaiki fungsi ginjal, hingga mengobati alergi. Benarkah?

 

Air kelapa, (air kelapa muda), sejak lama dikenal sebagai minuman menyehatkan. Letak yang terlindung tempurung keras dan sabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa jadi minuman steril. Bebas dari segala kontaminasi. Menurut Prof. DR. Made Astawan, MS, secara umum, air kelapa mengandung 2,6% gula, 0,55% protein, 0,74% lemak, serta 0,46 persen mineral.

 

Jenis gulanya glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Beberapa jenis kelapa ada yang berkadar gula 3% pada air kelapa tua, dan 5,1% pada air kelapa muda. “Itu yang menyebabkan air kelapa muda lebih manis dibanding air kelapa tua,” ujar Made. Tinggi Kalium Dalam air kelapa juga terdapat asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin.

 

Tanin bersifat antibakteri yang  menghambat pertumbuhan bakteri. Mineral terbanyak itu kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang banyak magnesium, dan klorida, sedangkan natrium jumlahnya sedikit. Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi menguntungkan bagi kesehatan.

 

Komposisi zat gizinya mendekati cairan isotonik, sesuai cairan tubuh. Minuman isotonik diharapkan mengganti mineral tubuh yang hilang melalui keringat selama ber-OR atau kegiatan lain. Orang yang  ber-OR perlu hati2 soal penggunaan air kelapa sebagai minuman elektrolit. Karena harus tahu jenis OR dan lamanya.

 

Bila OR terbilang berat, misal aerobik 3 jam tanpa henti, tubuh kehilangan banyak sodium. Konsumsi air kelapa tidak bisa mengimbangi kebutuhan tubuh terhadap sodium. Karena sodium di air kelapa sedikit. Kalau ini terjadi, tubuh kekurangan sodium. Akibatnya, otot tidak bisa berkontraksi dengan baik. Detak jantung dan fungsi organ tubuh akan terganggu. Risiko terburuknya? Anda bisa pingsan.

 

Namun, kalau OR dilakukan tidak tergolong berat, seperti jalan cepat 1 jam atau beryoga, minum air kelapa tidak masalah. Syaratnya, konsumsi air-mineral biasa. Hal2 inilah yang harus diperhatikan orang awam agar tak keliru. Setidaknya ada 5 hal keliru lain tentang air kelapa yang perlu diluruskan.

 

1-Bantu turunkan berat badan

Ini disalahmengertikan kebanyakan orang. Minum air kelapa berlebihan dapat menyebabkan diare. Kelihatannya-setelah itu berat badan berkurang. Ini bukan cara tepat dan sehat untuk mendapat berat tubuh ideal. Sebaliknya, air kelapa bisa dijadikan stimulan bagi yang susah buang air besar karena dapat membantu melancarkan saluran cerna.

 

2-Lebih bernutrisi ketimbang susu full cream

Anggapan ini salah. Dibanding air kelapa, susu (full cream atau tidak) kaya protein, lemak, karbohidrat, dan gula. Selain itu, susu mengandung ber-macam2 vitamin dan mineral seperti vit-B kompleks, vit-D, kalsium, potasium, sodium, dan magnesium. Air kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja.

 

3-Bantu sistem kekebalan tubuh

Tidak ada literatur ilmiah yang membuktikan air kelapa membuat kekebalan tubuh jadi lebih baik dan membantu tubuh melawan virus2 penyebab penyakit. Sistem imunitas tubuh itu sistem yang kompleks. Satu2nya cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh itu zat gizi dari beragam makanan. Yang bisa mendukung nutrisi lengkap melalui asupan makanan dengan gizi seimbang.

 

4-Bantu cegah batu ginjal

Hal pertama guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal itu cukup konsumsi air atau cairan. Cairan bisa diperoleh dari air kelapa, air mineral, dll. Ada benarnya air : Air kelapa dan air mineral,  mencegah pembentukan batu ginjal. Hanya, air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal.

 

5-Pulihkan rasa pusing akibat mabuk

Mabuk karena mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan harus dinetralkan. Caranya minum air,  mineral atau air kelapa. Untuk meredakan pusing akibat mabuk, minumlah air yang mengandung gula. Tujuannya agar gula cepat masuk ke pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dapat dinetralkan.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “5 Kekeliruan Seputar Khasiat Air Kelapa”, Citra/Diana YS Bahan dari :  Https://lifestyle.kompas.com/read/2012/12/29/08184736/5.Kekeliruan.Seputar.Khasiat.Air.Kelapa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code