Kesehatan

Kenali gejala Kanker Usus

(beritasatu.com)-TANGERANG; Kanker usus besar itu penyakit kanker no. 3 tersering ditemui. Penderita kanker ini rata2 tidak menyadari gejalanya, banyak yang mengira jika hal itu penyakit wasir (buang air besar berdarah) biasa.

 

Spesialis bedah dari Bethsaida Hospital, dr Eko Priatno SpB-KBD, mengungkapkan, ciri2 kanker usus besar adalah buang air besar (bab) berdarah yang dianggap sebagai wasir, perubahan pola bab (diare atau bab dengan feses kecil-kecil), bab tidak puas, serta nyeri pada anus.

 

Sayangnya, rata2 penderita kanker usus besar baru ke dokter ketika stadium kanker sudah lanjut. Hal ini ditandai dengan perut buncit, kembung, tidak bisa buang air besar, kentut, muntah, berat badan menurun serta nyeri perut.

 

“Kanker usus besar ini berawal dari polip atau kutil. Kalau tidak ditangani bisa berubah sifat dari jinak jadi ganas. Seringnya dianggap wasir padahal belum tentu,” ujar dr Eko di Tangerang,(6/12). Tingkat kepedulian masyarakat pada kesehatan masih rendah. Penyakit yang seharusnya bisa diobati sejak awal, dianggap sebagai hal wajar.

 

“Kalau di masyarakat, semua sakit perut dibilang maag. Kalau sakit perut bisa jadi tanda kanker usus besar terutama yang menyumbat usus. Kalau stadium awal memang tidak ada keluhannya,” jelasnya. (FER; Bahan dari : ANTARA dan https://www.beritasatu.com/tips/526433-mengenali-gejala-kanker-usus-besar.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close