Kesehatan

Manfaat Kefir bagi Kesehatan

(m.merdeka.com)-Kefir bahan makanan trendy tahun2 belakangan. Produk ini digemari karena manfaat kesehatan dan kecantikannya. Biasanya diolah jadi minuman segar seperti yogurt, dijadikan campuran saus, atau diolah jadi masker.

 

Jenis kefir yang populer dikonsumsi : Kefir susu. Tekstur dan rasanya tak beda jauh dari yogurt. Dilansir Boldsky, jenis ini dibuat dari starter grain, berupa butir biang terbuat dari protein susu, bakteri, dan ragi. Ada juga kefir air yang menggunakan air kelapa dan air biasa, tidak mengandung susu.

 

Kefir air dihasilkan dari butir kefir air, terdiri dari bakteri Lactobacillus brevis, Streptococcus lactis dan Saccharomyces cerevisiae. Kefir susu dan kefir air sama2 mengandung protein, karbohidrat, kalium, kalsium, dan sodium. Berikut ini diulas Manfaat Kefir selengkapnya.

 

1-Membantu menurunkan berat badan

Minuman fermentasi ini pembangkit tenaga yang dikemas dengan banyak bakteri baik : Lactobacillus gasseri, Lactobacillus amylovorus, Lactobacillus paracasei, Lactobacillus fermentum dan Lactobacillus rhamnosus.

 

Bakteri dalam kefir  membantu menurunkan berat badan. Bakteri mengatur ANGPTL4, hormon serum protein pembakar lemak tubuh. Hasil Studi : Dampak konsumsi kefir terhadap penurunan berat badan, mengungkapkan individu yang mengonsumsi kefir kehilangan 3-4% dari lemak tubuh dalam 6 minggu.

 

2-Meningkatkan Imunitas

Nutrisi seperti folat dan biotin dalam kefir dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Banyaknya bakteri baik di minuman ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri predator. Bakteri Lactobacillus kefiri di kefir membantu tubuh melawan bakteri berbahaya seperti E. Coli dan salmonella.

 

Kefiran, jenis polisakarida tak larut hanya ditemukan di minuman probiotik memiliki sifat antimikroba. Bisa membantu melawan infeksi jamur candida. Dengan berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh, kefir terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

 

3-Dapat mencegah Kanker

Probiotik di kefir berperan melawan kanker. Dengan menghentikan pembelahan sel2 penyebab kanker, minuman kaya probiotik terbukti efektif membuat sel kanker menghancurkan diri sendiri. Fungsi anti-karsinogenik oleh kefir memperlambat pertumbuhan awal tumor dan menghentikan perkembangan enzimatiknya agar tidak berubah dari non-karsinogenik menjadi karsinogenik.

 

Studi yang dilakukan School of Dietetics and Human Nutrition di Macdonald Campus of McGill University, Kanada menunjukkan peran kefir dalam mengurangi sel2 kanker hingga 56%.

 

4-Melancarkan pencernaan & mengobati iritasi Usus

Kefir meningkatkan pencernaan karena bakteri baik yang ramah usus. Probiotik dalam kefir mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan ulkus yang disebabkan oleh infeksi. Peran terpenting yang dimainkan kefir memerangi sindrom iritasi usus atau disebut irritable bowel syndrome (IBS).

 

Probiotik membantu usus Anda dengan melawan patogen dan memulihkan flora di dalam usus. Konsumsi kefir juga membantu menjaga keseimbangan flora di dalam usus setelah konsumsi antibiotik.

 

5-Menyembuhkan alergi dan peradangan

Peradangan di tubuh berujung alergi dan asma jika tak ditangani. Asupan kefir mengurangi gangguan di paru2 dan saluran udara disebabkan sel2 inflamasi. Hasil penelitian oleh Vanderbilt University Medical Center mengungkap dampak positif konsumsi kefir pada individu yang menderita alergi & peradangan.

 

Mikroorganisme di minuman ini membantu mencegah pembentukan lendir. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bakteri di dalam kefir akan menekan reaksi alergi.

 

6-Mengurangi Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa membuat tubuh kesulitan memecah dan mencerna laktosa, kandungan utama produk olahan susu. Jadi makanan2 ini tidak bisa dikonsumsi penderita intoleransi laktosa. Kefir mengubah laktosa jadi asam laktat, Sehingga susu tetap bisa dikonsumsi dengan aman.

 

Selain asam laktat, kefir juga mengandung enzim yang memecah kandungan laktosa. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa konsumsi kefir dapat membantu meningkatkan pencernaan dan toleransi laktosa.

 

7-Meningkatkan kekuatan Tulang

Kefir, terutama kefir susu ini sumber kalsium dan vit-K2 membantu meningkatkan kekuatan tulang. Produk ini meningkatkan metabolisme kalsium, sehingga mencegah timbulnya osteoporosis. Seiring tingginya kalsium di minuman ini, senyawa bioaktifnya membantu menghentikan degradasi tulang.

 

Kandungan probiotik dalam kefir akan membantu penyerapan nutrisi, secara langsung berdampak pada peningkatan kepadatan tulang. Nutrisi seperti fosfor, kalsium, magnesium, vitamin D, dan vitamin K2 yang dibutuhkan untuk kepadatan tulang akan terserap lebih baik berkat kefir.

 

Demikian manfaat kefir bagi pencernaan, tulang, dan kekebalan tubuh. Konsumsi kefir dalam jumlah wajar, tidak kekurangan atau malah berlebihan agar manfaatnya optimal.  (mdk/tsr; Tantri Setyorini; Bahan dari : https://m.merdeka.com/sehat/7-manfaat-kefir-bagi-kesehatan-dan-kebugaran-tubuh.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close