Kesehatan

Mendengarkan music pakai earphone saat tidur itu berbahaya?

(lifestyle.okezone.com)-APAKAH; Anda pencinta musik? Jika iya, mungkin Anda menghabiskan banyak waktu mendengarkannya. Beberapa orang kerap mendengarkan lagu sambil tidur. Banyak yang percaya mendengarkan lagi saat ingin tidur membuat mereka lebih cepat mengantuk.

 

Ada fakta yang mengatakan orang2 yang mendengarkan musik ringan tepat sebelum tidur bisa menenangkan dan membantu mereka tidur lebih nyenyak. Tapi apakah ini aman untuk dilakukan?

 

Melansir dari Times Of India (1/12/2018), Hasil penelitian, kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur atau akhirnya tertidur dengan earbud di telinga akan menimbulkan bahaya. Meski tidak ada klaim kebiasaan ini dapat membunuh, tetapi kualitas tidur Anda makin dipertanyakan.

 

Untuk waktu lama, sering dipercayai musik, dengan kualitasnya yang menenangkan, benar2 membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tetapi Anda lupa tubuh memiliki ritme sirkadian untuk mengikuti dengan menginduksi suara buatan.

 

Anda memaksa tubuh bergantung sesuatu yang lain. Kebiasaan tidur nyenyak dengan musik tidak sehat untuk Anda dalam jangka panjang. Kebiasaan ini memaksa otak manusia tetap aktif sepanjang waktu dan tidak mendapat istirahat yang dibutuhkan.

 

Ketika Anda benar2 mendengarkan musik dan akhirnya tertidur, otak Anda tidak sepenuhnya mati. Bagian otak yang bertanggung jawab interaksi dan penerimaan jadi tidak sadar tapi tidak benar2 mendapat istirahat.

 

Tidak mendapat waktu tidur sempurna 8 jam juga meningkatkan detak jantung manusia keluar dari kisaran normal dan ini tidak sehat. Mendengarkan musik mungkin tampak berdampak langsung. Tapi efek samping memasukkan earphone saat Anda tidur membuat sakit pada gendang telinga bagian dalam dan memunculkan suara aneh.

 

Karena itu, jika Anda terbiasa begitu, ketahuilah bahwa Anda melakukan lebih dari merusak telinga Anda. Tidak lupa, bahaya lain jika Anda mendengarkan dengan volume tingkat tinggi.

 

Earbud mungkin tidak pas di telinga dan tekanan tambahan dapat menyebabkan nekrosis kulit. Earbud bisa menumpuk kotoran yang membuat tidak higienis dan menghalangi pendengaran. (tam; Leonardun Selwyn Kangsaputra; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/12/01/481/1985485/sering-mendengarkan-musik-pakai-earphone-saat-tidur-ini-bahayanya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close