Opini dan sukses bisnis

Mengubah Batang Singkong jadi Souvenir Bernilai Jual Tinggi

(republika.co.id)-BOGOR; 5 mahasiswa IPB mengkreasikan batang singkong jadi souvenir etnik dan menarik khas Bogor yang dapat bernilai jual bagi masyarakat.

 

“Kami menamakan Cassaboe, produk kerajinan yang memanfaatkan limbah batang singkong sehingga bernilai jual tinggi,” kata Faiz Ahmad Ghozy, satu dari lima mahasiswa IPB, di Bogor (14/8).

 

Cassaboe merupakan kreasi dari Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) IPB terdiri 5 orang, selain dirinya, ada Nuri Septika Widyawati, Diska Anjelina Sudarta, Luthfi Kartiko dan Farida Utami Ritonga. “Program Cassaboe ini lolos di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke XXX yang akan dilangsungkan di Makassar” katanya.

 

Dalam mengkresikan Cassaboe jadi souvenir menarik dengan memberdayakan warga desa di Bogor sebagai program pengabdian masyarakat. Tujuan program ini meningkatkan keterampilan dan produktivitas pemuda dan membuka peluang wirausaha di masa datang. “Program ini perlu untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk domestik” katanya.

 

Program Cassaboe, berupaya memfasilitasi pemuda Wargajaya Cigudeg Bogor untuk menggali potensi dan meningkatkan produktivitasnya. “Melalui Cassaboe menggandeng pemuda2 desa Wargajaya yang menganggur,” kata Faiz ketua PKM IPB.

 

Menurutnya, Desa Wargajaya ini salah satu desa penghasil ubi kayu yang besar di Kabupaten Bogor. Limbah batang singkong banyak. Dari 7.454 jiwa penduduknya, ada 2.274 pemuda usia (15-29) atau 30,50% dari total penduduk.

 

Sebanyak 15 pemuda, jadi kelompok sasaran program ini. Limbah batang singkong yang tak digunakan, dimanfaatkan dan dikreasikan jadi souvenir fungsional dan estitis sehingga bernilai tambah produk. “Dengan Cassaboe, pemuda Desa Wargajaya turut mengurangi limbah di lingkungannya sekaligus memiliki kegiatan wirausaha yang meningkatkan produktivitas dan pendapatan” katanya.

 

Program ini semangat mencintai budaya dan ikon khas Bogor dan Jabar melalui karya2 inovatif yang dibuat. Eny Palupi, dosen pembimbinga Tim PKM Cassaboe mengatakan, kini produk kerajinan batang singkong dapat dibeli online via Medsos instagram @cassaboe, atau cassaboe.wordpress.com dan email cassaboe.pkmm@gmail.com. “Harga souvenir mulai dari Rp50 ribu sampai 3,5 juta rupiah,” katanya.

 

Semangat Cassaboe dapat terus bergulir demi masa depan lebih baik. Cassaboe souvenir itu miniatur rumah, dan bangunan dilengkapi taman dan perkarang, juga ada monumen Tugu Kujang. (Yudha Manggala P Putra; Bahan dari : Antara dan https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/08/14/ouolhl284-mengubah-batang-singkong-jadi-suvenir-bernilai-jual-tinggi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close