Kesehatan

Merokok bisa berakibat kondisi Sperma tidak sehat

(m.merdeka.com)-Kebiasaan merokok jadi salah satu faktor pemicu kondisi tidak sehat pada sperma. Kondisi sperma yang tidak sehat ini jadi tanda bagi seorang pria mengalami gangguan kesuburan (infertilitas).

 

Usai acara diskusi ‘Penanganan Gangguan Kesuburan di Indonesia, Bayi Tabung Pintar dan Terjangkau  Pilihan’ Dokter Obstetri dan Ginekologi Beeleonie menyampaikan, zat racun pada rokok itu berbahaya. “Oh, iya. Bahaya sekali merokok. Zat racun dari rokok masuk ke blood-testis barrier dan masuk ke sperma. Ini memengaruhi sperma,” kata Beeleonie saat ditemui di Madame Delima Restaurant Jakarta.

 

Blood-testis barrier itu pembatas antara pembuluh darah dan tubulus seminiferus (tempat produksi, pematangan, dan transportasi sel sperma dalam testis pria). Zat racun dalam rokok, seperti nikotin dapat menembus blood-testis barrier.

 

Merokok juga menyebabkan abnormalitas (ketidaknormalan) berkaitan produksi sperma dan air mani. Ini termasuk pengurangan konsentrasi dan motilitas (gerakan) sperma serta kerusakan DNA. Urolog Premal Patel menuliskan, merokok dengan rokok konvensional dapat menyebabkan gangguan kesuburan pria. Hal ini mengarah pada gangguan sperma.

 

Agen penyebab potensial yang merusak sperma itu nikotin. Efek nikotin merusak sperma juga tergantung dosis yang terpapar sperma, dilansir dari Urology Times. Serupa dengan rokok konvensional, rokok elektrik juga mengandung kadar nikotin juga memengaruhi sperma.

 

Karena itu, perlu meningkatkan kesadaran, tidak hanya dampak buruk merokok, melainkan edukasi soal efek buruk merokok terhadap reproduksi. (Reporter: Fitri Haryanti Harsono; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https://m.merdeka.com/sehat/kebiasaan-merokok-bisa-akibatkan-kondisi-tak-sehat-pada-sperma.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close