Wisata dan Kuliner

Pasar Puti Maifat Menambah deretan Wisata Digital Genpi

(merdeka.com)-Destinasi Digital Generasi Pesona Indonesia (GenPI) menunjukkan eksistensinya. Deretannya makin panjang dan tersebar di Indonesia. Terbaru giliran Pasar Puti Maifat diluncurkan,  (9/12). Destinasi ini di Rokan Hulu, Pekanbaru.

 

“Keberadaan Pasar Digital Maifat kian menambah deretan destinasi di Tanah Pekanbaru. Pasar ini dibuka tiap Sabtu-Minggu. Dengan pasar ini diharapkan makin menambah laju pariwisata Roman Hulu,” ujar Kadispar Rokan Hulu Yusmar, (9/12).

 

Layaknya destinasi digital lain, Pasar Puti Maifat tampil menggebrak sejak pembukaan. Atraksi Silek Bungo tampil begitu atraktif menyambut Lara tamu yang datang. Begitu juga penampilan Tari Puti Maifat ikon Desa Aliantan, Rokan Hulu.

 

“Dari tarian ininama destinasi digital diambil. Tarian ikonik Desa Aliantan. Dalam tarian ini mengisahkan perjalanan tokoh Puti Maifat. Tujuannya menciptakan cinta terhadap sejarah dan perjuangan. Dalam acara ini ada atraksi rakyat berupa lukah gilo (sejenis alat pencari ikan yang di mainkan menggunakan ghaib sehingga bisa bergerak kian kemari),” bebernya.

 

Berbagai peninggalan sejarah juga ditampilkan pada pembukaan Pasar Puti Maifat. Dari mulai keris,pakaian Santano mudo (pakaian penjaga pribadi puti maifat) serta beberapa benda pusaka lainnya yang ada di daerah Aliantan.

 

“Kita juga menampilkan 10 makanan khas yang ada di Desa Aliantan. Kuliner-kuliner ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan kental dengan makanan Melayu Riau. Jadi yang pemasaran silakan sambangi Pasar Puti Maifat di Roman Hulu,” tutupnya.

 

Ketua GenPI Nasional, Masyur Ebo mengakui jika kini banyak yang makin pemasaran dengan hebohnya destinasi digital besutan GenPI. Pasalnya pasar2 ini heboh di media sosial khususnya instagram dan menarik perhatian netizen Indonesia.

 

Setiap edisi pasaran pasti ada trending topic, on event dan post eventnya pun gak kalah heboh. Coba cek #destinasidigital #genpi #pasarkaretan #pasartahura atau #pasarpancingan misal, pasti akan nemu yang heboh dan menarik.

 

“Pasar Digital besutan GenPI ini memang menjadi bukti bahwa komunitas ini running. Tidak hanya berkegiatan di media sosial, tapi komunitas ini mampu menerapkan creative value dan memanfaatkan media sosial dalam berpromosi,” ujar Masyur Ebo.

 

Lebih lanjut Ebo mengatakan, destinasi digital ini juga menjadi wadah generasi muda untuk mengeskpresikan bakat seni serta melestarikan nilai-nilai budaya.

 

“Di destinasi digital tidak hanya foto2 saja. Karena tiap minggu rutin digelar pertunjukan seni tradisional. Misalnya tarian daerah, permainan2 tradisional dan juga musik dari anak2 muda. Ya contohnya di pembukaan Pasar Puti Maifat ini,” sebut Ebo.

 

Menpar Arief Yahya mengutarakan destinasi digital menjadi cara cerdas buat menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Air. Terlebih Indonesia merupakan negara pertama yang memiliki destinasi digital.

 

“Tak bisa dipungkiri bila era digital dibutuhkan siapapun termasuk pariwisata Indonesia. Melalui digital dengan cepat keindahan Tanah Air terekspos. GenPI mewujudkan itu dengan destinasi digitalnya. Selamat untuk GenPI Roman Hulu. Salam Pesona Indonesia. GenPI. Gasss!” pungkasnya. (hhw/Putri Indra Sari; Bahan dari : https://www.merdeka.com/peristiwa/pasar-puti-maifat-menambah-deretan-destinasi-digital-genpi.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close