Wisata dan Kuliner

Pasar Sinarasa Menambah Booming Destinasi Digital Genpi

(merdeka.com)-Inovasi demi menjawab tantangan dan peluang bisnis di zaman digital ini terus digulirkan Kemenpar. Memenuhi kebutuhan generasi now eksistensinya di dunia maya, Kemenpar bergerak bersama Generasi Pesona Indonesia (GenPI).

 

Kolaborasi ini menghasilkan konsep destinasi digital. Destinasi unik dan menarik yang booming saat ini. Hal ini terlihat dari kemeriahan peluncuran destinasi digital Pasar Sinarasa Ciamis (18/12). Ratusan pengunjung didominasi generasi millenial antusias ke Pasar Sinarasa. Atraksi2 yang disuguhkan mampu memberikan warna yang tak biasa.

 

Menurut Kadispar kab-Ciamis Toto Mareoto, kemeriahan terjadi sejak soft launching Pasar Sinarasa,  (9/12) lalu. “Kami prediksi ini ramai. Soalnya antusiasme pengunjung pada pasar ini terlihat sejak soft opening pada hari Minggu lalu. Grand launchingnya luar biasa. Kita harapkan terus ramai” ucapnya.

 

Wajar jika pengunjung Pasar Sinarasa antusias. Karena pasar yang dibuka tiap hari Minggu ini unik. Pasar Sinarasa ini destinasi digital berkonsep religi pertama di Indonesia. Wahananya bernuansa Islami. Ada taman hijaiyah tempat mengenalkan syiar. Ada 11 stan menyuguhkan makanan-minuman tradisional.

 

Di kawasan yang luasnya 3243 mt itu ada area yang menunjang pengunjung. Spot2 nya : photobooth, ampliheater, dan kini dibangun Sinarasa Nature Park. “Konsepnya bagus dan menarik. Pasar ini tempat syiar untuk santri. Tampilannya kekinian dengan balutan unsur alam yang menyejukkan. GenPI keren. Mereka berani mengeksplor kretivitas mereka,” ucapnya.

 

Tak pelak ini membuat Ketum GenPi Nasional Mansyur Ebo sumringah. Destinasi digital didesain untuk memenuhi kebutuhan keinginan eksistensi generasi milenial. Artinya, lokasi destinasi digital didesain untuk swafoto dengan background unik menarik. Konsep yang ditawarkan selalu berbeda ditiap daerah.

 

“Generasi milenial selalu ingin mempromosikan diri hanya sekedar narsis di dunia maya. Mereka lebih banyak hidup dengan gadget. Tempat untuk destinasi digital itu yang penting indah saat difoto. Tapi, yang jelas konsepnya ber-beda2. Bukan saja kreatif tapi juga mendatangkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat. Ya seperti Pasar Sinarasa ini,” ujar Ebo.

 

Menpar tak mau ketinggalan angkat suara : Konsep yang ditawarkan Pasar Sinarasa terobosan luar biasa. Pasar ini memberikan nuansa baru destinasi digital dengn nuansa religinya. Sekaligus mendorong pengembangan perekonomian masyarakat dan menyediakan wadah bagi masyarakat untuk berjualan.

 

“Ini keren, beken, paten. Menggabungkan destinasi digital dengan halal tourism kini jadi program unggulan Kemenpar. Valuenya besar, mengangkat economic value dan kearifan lokal lewat syar agama. Ini akan membuatnya sustaine,” kata Menpar Arief Yahya. (hrs; Haris Kurniawan; Bahan dari : https://www.merdeka.com/gaya/pasar-sinarasa-menambah-booming-destinasi-digital-genpi.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close