Aku cinta Indonesia

Pelindo-1 mengoperasikan Terminal Kuala Tanjung

(ekonomi.kompas.com)-KUALA TANJUNG, PT Pelindo-1 mengoperasikan keberadaan Terminal Multipurpose Kuala Tanjung di Kab-Batubara, Sumut (27/12/18). Pada kesempatan itu dilakukan pengiriman barang dan ekspor perdana.

 

“Sehingga 27/12/2018, Wan Hai merupakan kapal pertama yang masuk ke terminal Multiperpose Kuala Tanjung dengan bawa muatan ekspor tujuan Shanghai, China” kata Dirut Pelindo-1, Bambang Eka Cahyana. Terminal Multipurpose ini rampung pada November-2018. Setelah itu, Pelindo I melakukan pendekatan2 dengan pelaku/konsorsium pelayaran agar singgah beraktivitas ekspor dan impor.

 

“Desember kita lakukan pendekatan ke Wan Hai Lines, yang mau bawa muatan. Kita juga pendekatan ke Unilever Oleochemical Indonesia dan Procter & Gamble (PNG,” ujarnya. Dia tuturkan, aktivitas ekspor melalui terminal Multipurpose Kuala Tanjung ini berjalan langsung. Tidak ada lagi pemberhentian atau transit di pelabuhan lain sepanjang rute yang telah ditentukan.

 

“Ini direct export, dari Kuala Tanjung dikirim langsung ke Shanghai”. Kapal milik Wan Hai Lines bernomor lambung 505 ini mengangkut 180 box atau 250 TEUs (Twenty Foot Equivalent Unit) produk turunan CPO. Wan Hai itu kapal terbesar perdana yang masuk ke Sumatera dan singgah di Kuala Tanjung.

“Komoditinya produk turunan dari CPO. Ada biang sabun, margarin, dan olin. Kapal ini  direct call rute dari Middle East, India, dan China” sebutnya. Pemerintah menugaskan PT Pelindo-1 membangun dan mengoperasikan Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung. Ini tertuang di Perpres No-81/2018 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Pelabuhan dan Kawasan Industri Kuala Tanjung Sumut.

 

Pembangunan ini mulai 2015; investasi Rp34T dibagi 4 tahap. Tahap-1: Trestle 2,75 km, dermaga 1 km, kedalaman 16-17 mt low water spring (LWS) yang mampu disandari mother vessel, lapangan peti kemas 500.000 TEUs, dan tangki timbun. Tahap-2 : Kawasan industri 3.000 ha, menjadikan Kuala Tanjung sebagai international hub port. Kemudian tahap-3, Pengembangan dedicated/hub port (2017-2019).

( Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Pelindo I Operasikan Terminal Kuala Tanjung”, Penulis : Murti Ali Lingga; Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan; Bahan dari : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/27/145027426/pelindo-i-operasikan-terminal-kuala-tanjung)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close