Kesehatan

Penyakit ini rentan penularan saat memandikan Jenazah

(lifestyle.okezone.com)-PASIEN yang wafat dengan riwayat penyakit tertentu berpotensi menularkan penyakitnya pada orang lain. Mereka adalah pasien yang meninggal dengan penyakit seperti hepatitis, paru2 serta HIV, sehingga disarankan dimandikan jenazahnya di RS.

 

Pasien yang meninggal dunia tanpa riwayat penyakit di atas tetap direkomendasikan penanganannya secara hati2 karena jenazah rentan dengan infeksi mulai dari virus, kuman dan parasit. Jangan sampai virus, kuman dan parasit itu menular bagi orang yang memandikan dan mengkafani.

 

“Selama ini sering terjadi memandikan jenazah masih tradisional atau dipangku. Itu pertimbangannya sebagai bentuk Birrul Walidain atau berbakti ke ortu, tapi alasan kesehatan disarankan tidak harus dipangku,” ujar Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Bantul, Sukamta didampingi perawat jenazah RS PKU Muhamadiyah Bantul, H Suwardiman Anwar Huda disela kegiatan pemberdayaan kaum rais.

 

Dalam acara ini pemuka masyarakat diberi pengetahuan cara merawat jenazah mulai awal meninggal hingga tahap mengkafani. Hal tersebut perlu dilakukan, jangan sampai kebiasaan dalam memperlakukan jenazah justru berdampak pada kesehatan.

 

Himbauan memandikan tidak harus dipangku sesuai kajian aspek kesehatan. Selain tidak dipangku masyarakat juga diminta pakai alat perlindungan diri. H Suwardiman menambahkan, berbakti kepada orangtua bisa diwujudkan dengan perbuatan lain dan tidak hanya memangku jenazah.

 

“Birrul walidain ke ortu, bisa mendoakan, meneruskan cita2nya, jadi anak baik dan mendoakan itu juga wujud bakti pada ortu. Kami himbau pemandian jenazah tidak dipangku demi kesehatan,” ujarnya. (ful; Bahan dari : krjogya.com dan https://lifestyle.okezone.com/read/2018/10/06/481/1960442/waspada-penyakit-penyakit-ini-rentan-penularannya-saat-memandikan-jenazah)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close