Kesehatan

Penyebab Asam Urat Kambuh(4/4)

(hellosehat.com)-4-Obat2an untuk menghalangi produksi Uric Acid

Obat penghambat tubuh memproduksi asam urat adalah xanthine oxidase inhibitor (XOIs), termasuk allopurinol (Aloprim, Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric).

 

Obat ini menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko penyakit asam urat. Efek sampingnya ruam pada kulit, mual, berkurangnya jumlah darah, dan penurunan fungsi hati.

 

5-Obat Untuk menghancurkan Asam Urat

Obat2an penghancur asam urat adalah uricosurics, termasuk probenesid (Probalan) dan lesinurad (Zurampic). Obat ini meningkatkan kemampuan ginjal mengeluarkan asam urat dari tubuh sehingga dapat menurunkan kadar uric acid. Efek sampingnya termasuk ruam, sakit perut, dan risiko batu ginjal.

 

Pilihan obat Asam Urat alternatif

Selain obat asam urat yang diresepkan dokter, obat2 alternatif juga berpotensi meningkatkan kesehatan orang dengan asam urat. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menghindari efek samping, kontraindikasi, dan alergi. Obat2 asam urat alternatif itu antara lain:

 

1-Jus Seledri dan Suplemen Ekstrac Biji Seledri

Seledri kaya antioksidan lengkap dengan asam fenolik dan quecetin, melindungi tubuh dari peradangan, termasuk pada sendi. Selain itu, biji seledri juga berpotensi mengurangi penumpukan asam urat. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dari seledri yang dibuat jus atau minum suplemen ekstrak seledri.

 

2-Jus Ceri

Tidak beda jauh dengan seledri, buah ceri juga bermanfaat yang sama pada kesehatan tubuh, yaitu melindungi tubuh dari peradangan. Penggunaan obat allopurinol dengan tambahan jus ceri dapat menurunkan risiko penyakit asam urat 75%.

 

3-Minyak Ikan dan Suplemen magnesium

Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang penting mencegah peradangan dan meningkatkan kesehatan otak. Magnesium dapat memperlambat produksi uric acid pada tubuh. Keduanya sama-sama melindungi tubuh dari peradangan dan menjaga kadar asam urat di dalam tubuh Anda.

 

Mengubah gaya hidup itu kunci hidup sehat bagi penderita Asam Urat
Walaupun obat merupakan cara paling efektif menyembuhkan berbagai penyakit, jika gaya hidup tetap buruk, tentu bisa menyebabkan gejala akan terus kambuh. Oleh karena itu, agar penderita asam urat dapat hidup sehat, mengubah gaya hidup adalah kuncinya.

 

Berikut langkah2 membantu Anda memperoleh kualitas hidup lebih baik:

 

1-Membatasi minuman alkohol dan makanan tinggi gula.

Alkohol dan makanan tinggi gula bisa jadi penyebab asam urat. Jadi agar gejala tidak kambuh, menghindari 2 hal ini penting. Anda harus memperbanyak minum air putih dan makan buah2 yang segar tanpa tambahan gula.

 

2-Batasi makanan tinggi purin.

Mengonsumsi makan tinggi purin tidak apa, asal jangan terlalu banyak. Jika Anda khawatir gelaja akan kambuh, memilih alternatif makanan sehat lain juga bisa Anda lakukan.

 

3-Olahraga rutin.

Menjaga tubuh Anda tetap aktif dengan ber-OR menyehatkan tubuh. Berat badan Anda jadi lebih terkendali, jadi risiko terkena penyakit asam juga bisa menurun. Yang terpenting pilih OR yang sesuai dengan kondisi Anda dan buat jadwal olahraga supaya Anda tetap disiplin. (Aprinda Puji; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-asam-urat-kambuh/)-FatchurR * Tamat………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close