TELKOMGrup dan SEKAR

Satelit Telkomsat Gandeng THIS Singapura

(beritasatu.com)-BATAM; Telkomsat penyedia layanan komunikasi satelit dan VSAT terkemuka melakukan kerja sama dengan THISS Technologies Pte Ltd Singapura untuk meluncurkan jenis layanan baru : Komunikasi satelit broadband bagi pelanggan maritim di wilayah Asia Tenggara.

 

Layanan baru bernama Patrakom USAT itu resmi diluncurkan (29/11) dalam acara di Nongsa Point Marina & Resort, Batam, Riau. Layanan ini menggunakan 2 satelit Ku-band regional yang menjangkau perairan Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, sampai ke Laut Cina Selatan yang strategis.

 

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta (30/11) disebutkan, layanan ini secara khusus menargetkan penggunaan untuk kapal2 kecil, skala regional dan daerah pesisir, termasuk sektor perikanan dan layanan offshore.

 

“Telkomsat dengan bangga membawa teknologi ini ke area operasional kami. Sebagai anak perusahaan Telkom, mempunyai visi : Penyedia layanan satelit terkemuka di dunia, kami meluncurkan inisiatif bisnis untuk meningkatkan, mengintegrasikan, dan berinovasi dalam pelayanan digital dengan kemampuan satelit andal untuk pertumbuhan yang kompetitif”.

 

“Salah satu implementasi inisiatif ini membangun kemitraan strategis dengan THISS Technologies untuk mengembangkan produk dan bisnis di segmen maritime,” ujar COO Terlkomsat, Bogi Witjaksono.

 

Sistem itu menggunakan Ultra Small Aperture Terminal yang stabil berbasis teknologi THISS. Terminal ukuran kecil, mudah dipasang berharga terjangkau itu banyak digunakan di wilayah2 dalam beberapa tahun terakhir untuk penyediaan konektivitas data dan suara yang hemat untuk segmen yang sebelumnya tidak terjangkau layanan ini.

 

“Awalnya, pilihan bagi pemilik dan operator kapal2 kecil dalam konektivitas internet terbatas, yakni terkait hardware dan biaya penggunaan airtime yang mahal,” kata Managing Director THISS, Nicholas Cirillo.

 

Penggunaan terminal lebih kecil dan lebih murah, pihaknya berhasil memberi solusi komunikasi broadband ke posisi penggunaan layanan yang memungkinkan menjangkau ke seluruh wilayah. “Ini berperan penting dalam usaha memodernisasi industri, seperti perikanan, manajemen kapal yang efisien, dan meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan jutaan pelaut,” ujarnya

 

Tahun ini, Patrakom bertransformasi jadi PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), mengintegrasikan entitas manajemen satelit di Patrakom, Metrasat, dan SBU Satelit Telkom. Ini dalam rangka mengkonsolidasi sumber2 daya bisnis satelit di Telkom, sehingga jadi kendaraan bisnis yang terintegrasi.

 

Telkomsat akan terus memperluas cakupan bisnisnya dalam melayani pelanggan dari segmen2 termasuk maritim, energi, dan penerbangan. THISS ini perusahaan teknologi swasta Singapura yang didedikasikan untuk menciptakan sistem komunikasi satelit kelautan dan seluler yang handal dan terjangkau.

 

Teknologi ini telah digunakan menyediakan konektivitas internet modern ke lebih dari 5.000 kapal yang sebelumnya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki akses komunikasi. (Asni Ovier/AO; Bahan dari  : BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/ekonomi/525181-layanan-satelit-maritim-telkomsat-gandeng-thiss-singapura.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close