Iptek dan Lingk. Hidup

Tahun 2019 4 Robot Servis masuk Indonesia

(autotekno.sindonews.com)-JAKARTA; PURI Robotics (Pusat Robot Indonesia) menggandeng pemerintah, yakni Kominfo, dalam pengembangan dan pembangunan teknologi automasi guna mendukung transformasi robotik menuju industri 4.0.

PURI Robotics mulai menghadirkan Robot Service Artifical Intelligent (AI). Robot berteknologi Jepang itu dialih-teknologikan ke anak bangsa. Dirop PURI Robotic Indonesia, Glenn Gani Taufik menyebutkan, ada robot2 yang diperkenalkan di kesempatan ini, khususnya robotik humanoid servis. Pertama, pihaknya memperkenalkan Robot Snow.

Robot ini seperti karakter kartun dilengkapi perangkat keras yang serius mendukungnya. Robot dibangun strategis sebagai robot promosi dengan layar Android 13,3 inci yang menampilkan spektrum kemampuannya.

“Robot ini kebanyakan digunakan di bidang bisnis, seperti retail atau hospitality, promotional actives atau ad broadcasting informational support, edukasi serta entertaiment,” tutur Glenn saat pemaparan di Gedung Kominfo, Jakarta (15/12/18).

Kedua, Robot Amy Services. Tingg Robot 1,55 m itu sanggup bawa barang hingga 10 kg dinampannya. Robot dilengkapi SLAM Tech yang membuat navigasinya lebih mudah. “Bidang yang banyak menggunakan itu restoran, pameran, supermartket, offive delivery assistance guest greating“.

Ada robot berlayar sentuh 23,8 inci, namanya Robot AmyPlus. Robot humanoid inovatif ini bisa memandu Anda ke tujuan yang diinginkan tanpa meninggalkan penggunanya. Fitur2 termasuk mengubah ucapan pembukaan dan sapaan, logo perusahaan, basis data pengetahuan profesional, SLAM Tech built-in untuk anvigasi yang mudah, dan OS ganda yakni Linux dan Android.

“Untuk robot ini bisa digunakan di airports, retail support, dan guest greeting,” tuturnya.
Terakhir, ada dua robot ALICE dan ALICE Pro yang mempu memberikan layanan profesional multifungsi yang akan membantu, memandu, menjamu tamu, menjawab pertanyaan, dan menyediakan navigasi.

ALICE dilengkapi teknologi pengenalan wajah, radar hambatan kemananan tingkat tinggi, fungsi pemrosesan data, dan platform layanan dengan opsi pembayaran serta pencetakan. Model bisnisnya, Jully Tjindrawan, pelopor dan Presdir PURI Robotic Indonesia menjelaskan, di tahun-2019 robot2 ini akan dijual dan disewakan kepada perusahaan yang membutuhkan.

“Ada yang pesan, ada yang dijual sama ada yang disewa. Karena baru 2 pekan harganya masih dihitung, tapi-2019 sudah mulai jual dan ke perusahaan sudah bicara,” pungkasnya. Masuknya 4 robot servis ini bisa jadi menandai dimulainya era Revolusi Industri 4.0. Di mana banyak pekerjaan secara manual, akan terganti peran robot.

 

Pertanyaannya, bagaimana nasib pekerja di Indonesia dengan masuknya robot servis tersebut ke Indonesia? Siapkah mereka menghadapi persaingan dengan robot? (mim; Intan Rakhmayanti; Bahan dari : ) https://autotekno.sindonews.com/read/1363100/123/tahun-depan-4-robot-servis-masuk-indonesia-nasib-pekerja-terancam-1544879338 -FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close