Kesehatan

4 Kondisi Kaki Mencerminkan Masalah Kesehatan

(1health.id)- Kondisi kaki kita dapat mengungkapkan hal2 mengenai kondisi kesehatan kita. Beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, dan kekurangan gizi dapat dideteksi dengan melihat kondisi kaki.

 

Kaki kita memiliki 33 sendi dan 100 otot, ligamen, dan tendon. Kaki juga menyimpan jaringan2 saraf dan pembuluh darah yang terhubung ke jantung, otak, dan sumsum tulang belakang. Masalah kaki yang sulit diatasi, bisa jadi pertanda dari banyak penyakit tak terduga. Berikut masalah2 kaki yang mungkin mengindikasikan gangguan pada kesehatan Anda:

 

1-Pembengkakan, Nyeri dan Kemerahan pada Jari Kaki

Akumulasi kristal asam urat di dalam jari kaki dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan. Ini terjadi karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah dan secara medis dikenal dengan gout. Namun, radang sendi dan infeksi tekadang juga dapat menyebabkan rasa sakit di jari kaki.

 

2-Jari Kaki yang berubah Bentuk

Jika ada perubahan bentuk pada jari kaki dan kuku kaki yang melengkung, Anda harus memeriksa jantung dan paru2. Hal ini bisa terjadi karena pasokan oksigen yang kurang di dalam darah. Kondisi ini mungkin disertai dengan gejala lain seperti masalah pernapasan, dan perubahan detak jantung. Perubahan pada kuku kaki juga dapat terjadi akibat penyakit Crohn.

 

3-Penyembuhan Luka pada Kaki yang Lambat

Dalam kasus diabetes, ada pengurangan aliran darah menuju kaki, yang menyebabkan kerusakan dan kematian sel, dan karenanya disebut nekrosis. Awalnya, ini muncul sebagai luka yang sulit disembuhkan, memunculkan nanah dan komplikasi lebih lanjut. Jika luka tak juga sembuh, konsultasikan langsung hal ini ke dokter untuk segera menjalani pemeriksaan diabetes.

 

4-Kram Kaki

Nyeri dan kram kaki bisa jadi pertanda malnutrisi, masalah saraf, atau jadi tanda2 dehidrasi. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya kalsium, magnesium dan potasium. Coba minum lebih banyak air, dan jika kram tak juga sembuh, konsultasikan ke dokter untuk didiagnosis yang tepat. (Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/4-kondisi-kaki-yang-mencerminkan-masalah-kesehatan.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close