Aku cinta Indonesia

5 Negara dengan Tambang Emas terbesar di dunia

(m.liputan6.com)-NEW YORK; Tarik ulur proses divestasi Freeport berlangsung puluhan tahun, hingga  tambang emas terbesar di dunia itu kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

 

Pada Kamis 12/7/2018, dilakukan penandatanganan pokok2 kesepakatan divestasi atau Head of Agreement (HoA) antara PT Freeport Indonesia antara PT Indonesia Asahan Aluminium yaitu holding BUMN sektor tambang dan Freeport McMoran Inc.

 

Dalam kesepakatan ini Inalum akan menguasai 41,64% PT Freeport Indonesia. Langkah ini menggenapi 51% kepemilikan saham oleh pihak nasional.

 

“Saya mendapat laporan holding pertambangan kita, Inalum, telah capai kesepakatan awal dengan Freeport pengolahan untuk meningkatkan kepemilikan kita jadi 51% dari yang sebelumnya 9,36%. Alhamdulillah,” ujar Presiden di BSD, Tangerang, 12/7/2018.

 

Namun, seberapa besar tambang emas di Papua bila dibanding tambang2 emas di negara lain?

Berikut negara dengan lima  tambang emas yang memiliki kandungan terbesar di dunia seperti dilansir  Mining Global, (13/7/18).

 

5-Rusia

Dulu, Siberia ditakuti warga Kekaisaran Rusia. Sebab, para kriminal akan dikirim ke sana. Ternyata, ada tambang emas besar di Siberia Timur, atau di Krasnoyarsk. Perhitungan (2012), tambang emas bernama Olimpiada ini memiliki cadangan 47,5 juta ounce, dan sempat memproduksi emas 943 ribu ounce (2016). Penambangan di Olimpiada dioperasikan Polyus yang kini dimiliki miliarder Rusia, Said Kerimov.

 

4-Uzbekistan

Tambang emas terbesar ke-4 dunia ada di Uzbekistan. Perkiraan kandungan emas 50 juta ounce. Tambang emas bernama Muruntau ini di Padang Pasir Kyzyl, dan dimiliki pemerintahan Uzbekistan.

Walau sempat menghasilkan hampir 2,2 juta ounce emas (2016), namun pemerintah Uzbekistan enggan membeberkan informasi lengkapnya.

 

3-Papua Nugini

Papua Nugini punya cadangan emas ke-3 dunia. Lokasi emasnya di Provinsi Irlandia Baru, timur laut Port Moresby. Diperkirakan 64,1 juta ounce emas dikandungnya. Persediaan emas di Lihir di dalam Kaldera Luise, kawah gunung berapi yang punah, namun aktif secara geotermal. Tambang emas ini 100% dimiliki dan dioperasikan Lihir Gold Limited sebelum merger dengan Newcrest. Keduanya asal dari Australia.

 

2-Afrika Selatan

Berlokasi tak jauh dari Johannesburg, ibu kota Afrika Selatan, tambang emas South Deep yang terbesar ke-2 dunia. Dulu, South Deep dikenal Western Areas Gold Mine. Operator dan pemilik tambang emas South Deep adalah perusahaan bernama Gold Felds yang bermarkas di Johannesburg.

 

Umur tambang South Deep diperkirakan dapat memproduksi emas sebesar 500 ribu ounce tiap tahunnya pada 2023 nanti.

 

1-Indonesia

Grasberg mungkin asing di telinga orang Indonesia, namun bila sebut Freeport, pastilah masyarakat luas tahu. Tambang emas Grasberg di Papua terbesar di dunia. Diperkirakan cadangan emas Grasberg ada di angka 106,2 juta ounce. Angka itu lebih dari 2x lipat emas di Siberia.

 

Sebelumnya, Freeport Indonesia memiliki saham lebih dari 90% di tambang ini. Kini, Indonesia, lewat Inalum, berhasil menguasai 51% sahamnya dengan beli hak partisipasi dari Rio Tinto USD 3,86 triliun (sekitar Rp 55,37 triliun). (Tommy Kurnia; Bahan dari : https://m.liputan6.com/bisnis/read/3588113/5-negara-dengan-tambang-emas-terbesar-di-dunia-ri-peringkat-berapa?utm_source=Mobile&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=Share_Top)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close