Iptek dan Lingk. Hidup

Bagian Tubuh yang Menua lebih Cepat itu Kepala

(sains.kompas.com)-Penuaan itu yang ditakuti banyak manusia. Apalagi, jika hal ini menyangkut fisik. Karena itu, perlu persiapan diri agar kita tidak stres saat mengalaminya. Laporan Reader’s Diggest, bagian tubuh yang menua lebih cepat dibanding yang lain adalah kepala.

 

Penuaan itu dalam hitungan nanodetik, tepatnya 90 milliar detik lebih dari 79 tahun. Perbedaan ini tidak diperhatikan dan secara sadar dirasakan manusia. Ini karena teori relativitas yang dikembangkan Einstein dan dibuktikan oleh ilmuwan. Tingkat di mana waktu bergerak tergantung pada seberapa cepat kita bergerak dan seberapa dekat kita dengan medan gravitasi.

 

Misalnya, jam di area yang lebih tinggi berjalan lebih cepat daripada jam di permukaan laut. Peneliti dari the National Institute of Standards and Technology menguji teori ini pada skala lebih kecil hanya dengan selisih satu meter. Mereka menggunakan jam atom yang berdetak sebagai ion aluminium tunggal bergetar di antara 2 tingkat energi lebih dari satu juta miliar kali per detik.

 

Ketika mereka menaikkan salah satu jam jadi sepertiga meter di atas yang lain, jam yang lebih tinggi berjalan lebih cepat dibanding yang lain karena mengalami gaya gravitasi lebih kecil. Jadi, jika waktu bergerak lebih cepat dengan selisih 1 kaki, itu pasti lebih cepat pada selisih tinggi antara kepala dan kaki dan menjadikan kepala sebagai bagian tertua dari tubuh kita.

 

Penuaan ini tidak berdampak pada penampilan manusia. Kita mungkin tidak akan memperhatikan jika ini terjadi. Namun, temuan ini berimplikasi pada praktis dalam bidang seperti geofisika. Jika Anda masih mengkhawatirkan wajah yang menua, cobalah untuk melakukan ber-macam2 kegiatan dan menjalani hidup sehat untuk membuat terlihat lebih muda.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Ahli: Bagian Tubuh yang Menua Lebih Cepat adalah Kepala”, Penulis : Gloria Setyvani Putri; Editor : Gloria Setyvani Putri; Bahan dari : Readers Digest dan https://sains.kompas.com/read/2019/01/08/190300223/ahli–bagian-tubuh-yang-menua-lebih-cepat-adalah-kepala)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close