Aku cinta Indonesia

Bank Mandiri perluas layanan Bisnis Uang Elektronik

(liputan6.com/bisnis)-JAKARTA; SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri, Jasmin, menyatakan  tahun ini bisnis uang elektronik (e-money) cukup menantang, mengingat banyak platform pembayaran lain telah muncul.

 

Namun Jasmin optimistis bisnis uang elektronik bisa tumbuh hingga 5 juta keping kartu pada-2019. “Untuk e-money per Desember 2018 kita punya 16,4 juta kartu dan tahun ini akan menambah 5 juta kartu,” kata Jasmin di Jakara (14/1/19).

 

Untuk meningkatkan bisnis uang elektronik, dia juga meluncurkan varian baru dalam jenis uang elektroniknya. Mandiri juga terus berkolaborasi dengan pihak lain dalam memasarkan dan menjual e-money mereka.

 

BI Bakal Naikkan Batas Saldo Dompet Digital

Batasan (limit) saldo pada dompet digital (e-wallet) akan segera direvisi. Ketentuan ini direvisi karena maraknya pembayaran menggunakan barcode atau QR Code. Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Erwin Haryono mengatakan, rencana penyempurnaan ini bagian dari blue print yang tengah disusun.

 

“Kita akan masuk ke project penyusunanan blue print. Untuk mengubah itu (batasan saldo) sangat mungkin, kita menyiapkan blue print dan plafonnya itu,” ujarnya di Surabaya (15/12/18) Aturan e-wallet ini diatur dalam Peraturan BI No. 18/40/PBI/2016 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran (PBI/18/2016).

 

Dalam ketentuan ini, e-wallet yang unregistered dibatasi saldonya maksimal Rp1 juta. Sedangkan e-wallet yang teregister limit saldonya maksimal Rp 10 juta. Kini BI melihat ad percepatan digitalisasi payment. Kondisi ini jadi perhatian utama BI sebagai otoritas di sistem pembayaran. Terlebih, para penyelenggara dompet digital terus berinovasi cukup masif. Sebagian besar mengembangkan QR Code.

 

“Kini kita tahap mensinkronisasi penggunaan QR Code, diantara penerbitnya. Itu tidak mudah untuk semua pelaku. Tapi so far, hasilnya bagus untuk mengekperimenkan, tapi bisa saja ada penyesuaian. Jadi, BI melihat percepatan digitalisasi payment itu” ucap dia. E-wallet pada dasarnya bagian dari e-money yang masuk kategori data disimpan di dalam server (server based).

 

Dompet Digital itu layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang juga menampung dana untuk membayar. (Bahan dari : liputan6.com; merdeka.com dan https://www.liputan6.com/bisnis/read/3870719/bisnis-uang-elektronik-kian-menantang-bank-mandiri-perluas-layanan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close