Islam

Hidup itu Ujian

Live is the most difficult Exam. Many people fail because they try to copy others, not realizing that everyone’s paper has different questions.

 

“Hidup adalah ujian yang paling sulit. Banyak orang gagal karena mereka mencoba untuk menyontek (copas) dari orang lain, tak sadar bahwa kertas ujian tiap orang pertanyaannya berbeda.”

 

Setiap orang itu memiliki hidup dan jalan yang berbeda, sehingga ujiannya pun tak sama. Allah swt menegaskan: Every soul will taste death. And We test you with evil and with good as trial; and to Us you will be returned.

 

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya’: 35)

 

Tidak usah membanding-bandingkan hidup kita dengan orang lain, apalagi sampai mencoba menyamakannya.

 

Karena kesuksesan seseorang yang tampak adalah yang bisa kita lihat secara kasat mata. Kita tak mengetahui perjuangan sesungguhnya yang telah dilalui orang tersebut.

 

Bila ingin belajar, pelajarilah dari sebaik-baiknya teladan, Rasul Saw.

There has certainly been for you in the Messenger of Allah an excellent pattern for anyone whose hope is in Allah and the Last Day and [who] remembers Allah often.

 

“Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. Al-Ahzab: 21)

 

Pelajari bagaimana sikap dan akhlak beliau dalam menghadapi ujian dan rintangan sebagai seorang utusan Allah yang paling berat ujiannya. (HR. Tirmidzi). (Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close