RSS Feed     Twitter     Facebook

Latihan Aerobik Seumur Hidup Membantu Jaga Tubuh Tetap Muda

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Latihan Aerobik Seumur Hidup  Membantu Jaga Tubuh Tetap Muda

(republika.co.id)-MUNCIE; Kelompok peneliti dari Ball State University yang meriset seseorang yang telah ber-OR puluhan tahun. Hasilnya, orang2 yang tetap ber-OR memiliki kapasitas jantung, dan paru2 dan kebugaran otot seperti orang sehat di awal usia 40-an. Temuan ini dipublikasikan di Journal of Applied Physiology.

 

“Kami lihat orang2 yang ber-OR teratur dari tahun ke tahun memiliki kesehatan lebih baik secara keseluruhan,” kata penulis senior studi Dr. Scott Trappe, Human Performance Laboratory di Ball State University, dilansir dari laman SCI News, (11/12/18).

 

Studi ini memberi kesempatan unik untuk menilai manfaat fisiologis OR seumur hidup dengan membandingkan OR di usia 70-an (rata2, masing2 dilakukan 5 lima hari sepekan selama 7 jam total) dengan rekan-rekan yang lebih muda, dan orang-orang yang menetap di usia mereka sendiri.

 

“Orang2 usia (75) ini memiliki kesehatan jantung yang sama dengan 40-45 tahun,” kata Dr. Trappe. Kesehatan kardiovaskular diukur dengan memiliki siklus peserta di sepeda indoor untuk menentukan konsumsi oksigen maksimum (VO2 max). Tiap peserta memiliki biopsi otot untuk menentukan bagaimana kapiler terbentuk dan aktivitas enzim aerobik.

 

VO2 max biasanya menurun sekitar 10 persen per dekade setelah usia 30 tahun. Penurunan terkait usia pada VO2 maks secara langsung terkait dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, kematian dan kehilangan kemandirian.

 

Para peneliti juga membagi subyek laki-laki menjadi dua kelompok, kelompok kinerja dan kelompok kebugaran. Pelatihan grup kinerja berkisar seputar kompetisi. Grup kebugaran berputar di sekitar hanya berolahraga.

 

“Untuk variabel2, kelompok kinerja memiliki beberapa metrik lebih tinggi dari orang2 kebugaran, dan kapasitas kardiovaskular itu satu dari mereka,” kata Dr Trappe. Tapi hal seperti kesehatan otot dan kapiler untuk mendukung aliran darah, mereka setara antara kedua kelompok.

 

Intensitas yang lebih tinggi tidak perlu membawa mereka ke tempat lebih tinggi.  Manfaat dari penelitian ini harus jelas bagi rata2 orang: 30-60 menit latihan sehari dapat menjadi kunci untuk hidup sehat.

 

“Jika Anda ingin 30-45 menit berjalan dalam sehari, jumlah manfaat kesehatan yang akan didapatkan dari itu akan jadi signifikan dan substansial” kata dia. (Rep: Rossi Handayani / Red: Ichsan Emrald Alamsyah; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/12/11/pjkv8w349-latihan-aerobik-seumur-hidup-bantu-jaga-tubuh-tetap-muda)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code