Iptek dan Lingk. Hidup

Mahasiswa UMM Ciptakan Apalikasi Edukasi Anak

(https://teknologi.bisnis.com/)-MALANG—Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan aplikasi edukasi anak berbasis android dan memudahkan ortu mengasuh anaknya dengan baik dan benar.

 

Siti Mubasiroh, mahasiswa Pendidikan Biologi UMM, salah satu pencipta aplikasi ini, mengatakan Komisi Perlindungan Anak (KPAI) mencatat pada  2011-2016 :  4.294 kasus kekerasan pada anak dilakukan  keluarga dan pengasuh.

 

Data ini didukung laporan Global Report 2017 Ending Violence in Childhood, 73,7% anak Indonesia umur (1-14) mengalami pendisiplinan dengan kekerasan, atau agresi psikologis dan hukuman fisik di rumah.

 

“Hal ini berdampak negatif pada kesehatan mental anak, serta berdampak pula pada karakter yang terbentuk pada diri anak” katanya di Malang (26/1/2019). Edukasi terkait  cara mendidik, mengasuh anak secara benar diperlukan orang tua guna mengindari hal2 itu.

 

Karena alasan itu dia dan teman2nya sekelompok menggagas aplikasi Ed-Parent. Aplikasi khusus orang tua tentang cara edukasi anak yang benar. “Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan merekontruksi generasi bangsa jadi generasi berkarakter dan bermoral sehingga terwujud revolusi mental di era perkembangan teknologi” ujarnya.

 

Aplikasi berbasis Android garapan sekelompok mahasiswa ini dinobatkan juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional di STIKI Malang, 21/1/19. Mereka adalah Chano Paramita mahasiswa Ilmu Komunikasi 2017, Siti Mubasiroh mahasiswa Pendidikan Biologi 2017, Muhammad Fitrah Asyari Bangun mahasiswa Manajemen 2017.

 

“Saya senang, Saya tak menyangka bisa menang setelah bersaing dengan peserta2 dari perguruan tinggi yang bagus karyanya,” ungkapnya. Siti berharap bisa ikut kompetisi serupa di tempat lain sehingga dapat meningkatkan level perlombaan.

 

Sekretaris Prodi Pendidikan Biologi  Husamah mengatakan sistem pembelajaran di UMM dapat diringkaskan dengan ungkapan, “Tiada hari tanpa prestasi, tiada prestasi yang tidak dihargai, dan tidak ada pelanggaran yang tak diberi sanksi”.

 

Hal itu, jadi pedoman dosen mendidik mahasiswa untuk jadi terdepan dan menginspirasi. (Choirul Anam; Editor : Sutarno; Bahan dari : https://teknologi.bisnis.com/read/20190127/280/882792/mahasiswa-ummciptakan-aplikasi-edukasi-anak-berbasis-android)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close