Selingan

Masjid Kayu usia 650 Tahun di Turki-Kembali Beroperasi

(republika.co.id)- SAMSUN; Setelah ditinggalkan puluhan tahun, masjid kayu berusia ber-abad2 di wilayah Laut Hitam Turki kini dibuka untuk tempat beribadah.

 

Masjid Desa Ordu dibangun 650 tahun lalu selama era Seljuk Turks. Bangunan masjid dibiarkan menganggur ketika penduduk desa membangun sebuah masjid beton di Carsamba, Provinsi Samsun Utara, 30 tahun yang lalu.

 

Namun, Direktorat Jenderal Yayasan Turki bekerja sama dengan Kotamadya Carsamba memulihkan masjid itu. Setelah proses restorasi selesai, kini masjid tersebut terbuka untuk ibadah dan wisata pengunjung.

 

Masjid kuno ini menonjol dengan karakteristik tidak adanya paku dalam konstruksinya. Walikota Carsamba, Huseyin Dundar, mengatakan masjid ini menyajikan model yang indah untuk arsitektur kayu, yang merupakan karakteristik arsitektur Islam-Turki.

 

“Dekorasi interior dan teknik ukiran kayu menunjukkan pentingnya masjid dan memungkinkannya digunakan untuk tujuan pariwisata” kata Dundar, dilansir di Anadolu Agency, 3/12/18.  (Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/mozaik/18/12/04/pj6smf320-masjid-kayu-berusia-650-tahun-di-turki-kembali-beroperasi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close