TELKOMGrup dan SEKAR

Palapa Ring Tengah Optimalkan Transportasi di Pulau Terluar

(ekbis.sindonews.com)-JAKARTA; Kemenhub mengapresiasi kesuksesan tes sinyal Proyek Palapa Ring Tengah. Capaian ini dinilai makin mendukung dan mengoptimalkan kegiatan transportasi di pulau2 terluar.

“Dengan adanya Palapa Ring Tengah ini maka membuka keterisoliran wilayah2 terpencil. Terlebih UPT di bawah Kemenhub tersebar di Indonesia, termasuk kapal2 patroli milik Kemenhub juga akan termonitor dengan baik dari Kantor Pusat Kemenhub di Jakarta,” ujar SekJen Kemenhub Djoko Sasono (18/1/2019).

Beberapa kementerian/lembaga yang terlibat dalam proses tes sinyal ini adalah Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Markas Besar TNI, dan unsur pemerintah daerah.

 

Acara tes sinyal ini melalui video conference oleh Menkeu Sri Mulyani bersama Menkominfo Rudiantara, langsung dari Kota Tahuna, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Sangihe, dengan Menkes Nila Moeloek, Sekjen Kemenhub Djoko Sasono dan Irjen Mabes TNI Mayjen Muhamad Herindra di Jakarta.

Proyek Palapa Ring Tengah ini akan memenuhi kebutuhan telekomunikasi berbasis data dengan jaringan kabel fiber optic yang menjangkau 17 kabupaten/kota terpencil di wilayah Indonesia bagian Tengah, yaitu Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara, sampai dengan Kepulauan Sangihe Talaud.

 

Pada kesempatan yang sama Djoko juga mengapresiasi Kemenkominfo yang telah melengkapi prasarana sejumlah bandara dengan perangkat monitoring frekuensi. Dengan alat ini maka pilot-pilot pesawat yang melintas tidak lagi terganggu komunikasinya.

“Terimakasih kepada Menkominfo yang telah memasang perangkat monitoring frekuensi di 60 bandara sehingga saat pesawat mendarat maupun take off diharapkan pilotnya itu tidak mendapat gangguan ataupun interferensi frekuensi dari pengguna yang lain,” pungkas Djoko. (fjo; Rina Anggraeni; Bahan dari  : https://ekbis.sindonews.com/read/1371682/34/palapa-ring-tengah-optimalkan-transportasi-di-pulau-terluar-1547817587)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close