Iptek dan Lingk. Hidup

Perkembangan Teknologi Menggeser 375 Juta Pekerjaan

(economy.okezone.com)-JAKARTA; Menristekdikti Mohamad Nasir menyatakan, akibat Revolusi Industri 4.0 jutaan pekerja harus mengalami pergeseran profesi. Sebab tenaga manusia kini tergantikan dengan digitalisasi.

 

“Karena perkembangan industri 4.0 sebanyak 75 hingga 375 juta orang bergeser pekerjaan,” sebutnya dalam Indonesia Lea. Pekerjaan yang teralihkan karena perkembangan teknologi yakni buruh pabrik diganti mesin. Selain itu, pekerja di gerbang tol juga terkena imbas dengan sistem bayar elektronifikasi.

 

“Tol dulu setiap gate itu 15-20 orang (pekerja). Kalau ada 1.000 gate di Indonesia berarti bisa ada 20 ribu pekerja. Kalau semua berganti fungsi (ke elektronifikasi), berarti mereka bergeser kerjaannya,” jelasnya.

 

Peran penjaga toko juga tergantikan dengan adanya e-commerce. Toko online membuat kehadiran toko fisik tak diperlukan, yang artinya mengurangi tenaga kerja.

 

“Belum lagi masalah kaitan pertokoan dan supermarket tutup. Ini akibat dari revolusi industri yang cepat”.  (Kmj; Yohana Artha Uly; Bahan : https://economy.okezone.com/read/2019/01/23/320/2008332/menristekdikti-perkembangan-teknologi-geser-375-juta-pekerjaan )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close