Wisata dan Kuliner

Rahasia Menggoreng ala Koki Top

(republika.co.id)-JAKARTA; Di dunia memasak, ada teknik2 menggoreng. Kita kenal deep frying menggunakan minyak melimpah demi menciptakan gorengan krispi. Ada pula teknik sautéing atau menumis menggunakan sedikit minyak.

 

Pada teknik menumis, bahan masakan di-goyang2 di wajan 5-10 menit. Tom Milligan yang berpengalaman sebagai kepala koki di berbagai negara memberi kiat2 agar kegiatan menggoreng di rumah menghasilkan masakan lezat. Dikutip dari ABC, berikut rahasia menggoreng ala Chef Tom Milligan.

 

1-Matang Merata

Ketika memasukkan bahan, pastikan wajan dalam suhu tepat. Pertama, panaskan wajan kosong dan tunggu terasa panas dengan meletakkan tangan beberapa inci di atas wajan.

 

Tambahkan minyak dan jika minyak panas baru masukkan bahan. Jika Anda gunakan lebih dari satu bahan masak, bahan dengan potongan2 terkecil dan mudah masak dimasukkan paling awal. Diikuti dengan bahan lain yang lebih besar. Teknik ini akan membuat bahan matang merata.

 

2-Bumbu2

Jika hanya punya waktu beberapa menit untuk memasak, Anda bisa tambahkan bumbu seperti thyme atau rosemary ke wajan. Bisa juga memasukkan cengkih atau bawang putih. Bumbu2 itu akan memberi rasa pada masakan. Menambahkan bumbu beberapa menit sebelum masakan diangkat akan membuatnya tidak gosong dan tidak rusak.

 

3-Turunkan Suhu

Saat hampir matang, kecilkan api agar masakan tidak terlalu matang (overcook). Anda juga bisa langsung mematikan kompor sehingga bahan-bahan di dalam wajan matang hanya dengan panas yang masih tersisa. Saat menyajikan daging, angkat daging dari wajan dan letakkan di piring selama dua sampai tiga menit sebelum dihidangkan.

 

4-Pastikan teknik benar

Bahan makanan yang digoreng dengan benar akan terlihat warnanya setelah matang. Pria yang  direktur teknik di sekolah kuliner The Le Cordon Bleu ini mengatakan ada tiga warna kematangan.

 

Di seluruh permukaan makanan harus ada gradien warna. Pertama kuning keemasan lalu memudar jadi warna emas yang lebih gelap dan akhirnya jadi warna cokelat titik-titik. Warna cokelat titik2 itu menandai bagian ini terkena kontak dengan wajan.

 

Jika sesuatu digoreng dengan benar maka akan keluar aroma hazelnut dari minyak yang terkaramelisasi dengan gula alami dari bahan masakan. (Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/19/01/10/pl3xyh366-rahasia-menggoreng-sempurna-ala-koki-top)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close