TELKOMGrup dan SEKAR

Satelit HTS akan melayani 149.000 di Indonesia

(indotelko.com)-SINGAPURA; Kementrian Kominfo mengungkapkan satelit multifungsi yang akan dimilikinya akan melayani 149.400 titik di Indonesia.

 

“Untuk penghubung antar sekolah, kantor pemerintah, kantor administrasi polisi dan militer, rumah sakit yang tidak memiliki konektivitas, satelit adalah satu2nya teknologi akses yang layak  menangani lokasi2 terpencil ini berbiaya efektif,” jelas Menkominfo Rudiantara di Forum Public Private Partnership (PPP) Day yang digelar Financial Times Live di Singapura (15/1) dan disiarkan laman Kominfo.

 

Satelit multifungsi atau dikenal High Throughput Satellite (HTS) akan terhubung dengan internet kecepatan tinggi 150 Gbps.  Ada 18.500 titik di Papua dan Maluku, di Bali dan Nusa Tenggara ada 13.900 titik, Sulawesi 23.900 titik dan Kalimantan 19.300 titik. Di Pulau Jawa 19.400 titik dan Sumatera 54.400 titik. Total 149.400 lokasi layanan satelit multifungsi.

 

“Saya membuka peluang untuk berinvestasi dalam layanan satelit ini,” katanya. Proyek satelit multifungsi dalam website kpbu.djppr.kemenkeu.go.id dinyatakan memiliki nilai belanja modal Rp6,688 triliun dengan total beban operasional Rp1,159 triliun.

 

Lingkup pengadaan dari proyek satelit multifungsi adalah Pengadaan Satelit, Peluncuran Satelit, meliputi Penyiapan Roket Peluncur, Pengiriman dan Penyimpanan Satelit dan Roket Peluncur, dan Pengadaan Asuransi Peluncuran.

 

Berikutnnya, Pembangunan Stasiun Pengendali (Bumi), Pengoperasian Satelit dan Stasiun Pengendali (Bumi), dan Perawatan Satelit dan Stasiun Pengendali (Bumi). Pada akhir masa kerjasama, Pengalihan Aset dan Proses “Membuang” Satelit dan Lokasi Orbitnya (de-orbit).

 

Hasil Prakualifikasi dari lelang yang diumumkan 3/9/18 menyisakan perusahaan2 calon pemenang yaitu:

  1. Eutelsat, S.A.
    2. Konsorsium BAKTI UNTUK NEGERI
    3. Konsorsium Dharma Bakti
  2. Konsorsium Indosat Lintasarta JSAT Teleglobal
    5. Konsorsium PSN
    6. Konsorsium PT Satelit Multimedia Indonesia – APT Satellite Company Limited
    7. Viasat, Inc.

 

Lelang ini dibantu konsultan PT SMI dan Deloitte, Ang Law Firm.(ak; Bahan dari  :  https://www.indotelko.com/kanal?c=id&it=satelit-hts-149400-indonesia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close