Iptek dan Lingk. Hidup

Jerman tanam Sawit di bekas Tambang Timah

(sumatra.bisnis.com)-PANGKALPINANG; Pemerintah Republik Federal Jerman akan menanam kelapa sawit di lahan bekas penambangan bijih timah di Prov-Kepulauan Bangka Belitung (Babel), guna memulihkan lahan kritis.

 

“Kita tidak hanya menanam saja, tapi juga pembibitan kelapa sawit unggul,” kata Kepala Divisi IPTEK Kedubes Republik Federal Jerman, Svann Langguth kepada Antara. di Pangkalpinang, Jumat.

 

Saat ini Jerman juga memiliki proyek perkebunan kelapa sawit di Jambi, karena komoditas bernilai ekonomis tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Tanaman kelapa sawit luar biasa, ekonomis dan dapat menjaga kelestarian lingkungan flora serta fauna,” katanya.

 

Reklamasi lahan bekas penambangan di Babel sebagai salah satu tanggungjawab pemerintah Jerman salah satu negara ekspor timah Indonesia. Namun perusahaan tambang di Indonesia juga memiliki tanggung jawab memulihkan lingkungan pasca penambangan ini.

 

“Kita juga memiliki tanggung jawab menanam berbagai tanaman bermanfaat untuk perekonomian masyarakat di daerah ini,” katanya. Kegiatan reklamasi ini murni niat baik Pemerintah Jerman untuk memperbaiki lingkungan bekas penambangan bijih timah di Bangka Belitung

 

“Kita tidak ada niat lain melakukan reklamasi di lahan bekas tambang ini, apalagi kebutuhan timah Jerman didatangkan dari Indonesia,” katanya. Budi Suyanto. (Rustaam Agus;  Bahan dari : https://sumatra.bisnis.com/read/20190222/534/892211/jerman-tanam-sawit-di-bekas-tambang-timah-babel)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close