Kesehatan

Kekuatan Positif untuk Kesehatan Tubuh(1/2)

(koran-jakarta.com)-Tertawalah, karena bukan hanya melegakan, tapi juga bisa membuat kesehatan Anda membaik dalam jangka pendek dan panjang. Setidaknya ada lima manfaat ter­tawa untuk tubuh Anda, berikut beberapa diantaranya.

 

1-Lebarkan Pembuluh darah

Penelitian menemukan dampak positif tertawa pada aliran darah, salah satunya meningkatkan pelebaran pembuluh darah selama 24 jam setelah subjek menonton film. “Tertawa mungkin bukan solusi lengkap untuk jantung sehat, tetapi tampaknya berkontribusi terhadap efek positif,” kata Jun Sugawara, peneliti.

 

2-Hilangkan Stres

Respons fisik juga mengaktifkan respons stres Anda yang berujung had­irnya perasaan santai.

Sebuah studi menemukan tertawa menurunkan tingkat tiga hormon stres – kortisol, epinefrin, dan dopac masing-masing 39 persen, 70 persen, dan 38 persen, dalam jangka pendek.

 

Meskipun begitu, ada kemungkinan tertawa dapat memainkan peran terapi dalam jangka panjang. Terapi tawa telah dipelajari sebagai alat manajemen stres, terutama bagi mereka yang men­derita kecemasan dan depresi.

 

3-Tingkatkan Imunitas

Dr Lee Berk dari Loma Linda Uni­versity, California mengatakan, tertawa berhubungan dengan tingkat peradan­gan yang lebih rendah dan aktivitas sel pembunuh yang lebih tinggi dalam tu­buh. Sel-sel ini membantu sistem keke­balan tubuh Anda melawan penyakit.

 

“Banyak hal yang terjadi ketika Anda tidur dengan benar, makan dengan benar, dan berolahraga,” kata Berk yang memasukkan tertawa dalam gaya hidup sehat.

 

4-Hilangnya Rasa sakit

Dalam percobaan2, partisipan studi menunjukkan toleransi nyeri lebih baik ketika tertawa bersama. “Ketika tertawa, ambang nyeri meningkat signifikan, sedang ketika subjek menyaksikan sesuatu yang tidak secara alami menimbulkan tawa, ambang nyeri tidak berubah,” tulis para peneliti.

 

Meski fenomena ini tidak dipahami jelas, para peneliti percaya tertawa dapat melepaskan zat kimia otak atau endorfin dalam tubuh yang dapat meningkatkan kemampuan kita untuk menahan rasa sakit.

 

5-Latihan fisik

Jangan anggap tertawa dapat menggantikan aktivitas fisik atau mem­bantu Anda menurunkan berat badan. Tetapi, tertawa 10 -15 menit bisa membakar hingga 40 kalori, menurut studi Vanderbilt University Medical Center. Dalam beberapa kasus, gelak tawa yang intens dapat melatih bagian2 tubuh seperti diafragma, perut, bahkan otot-otot bahu Anda. (pur/R-1; Bahan dari : http://www.koran-jakarta.com/menciptakan-kekuatan-positif-untuk-kesehatan-tubuh/)-FatchurR * Bersambung………….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close