Aku cinta Indonesia

Lewat Tol Pasuruan ke Probolinggo hanya 30 Menit

(economy.okezone.com)-JAKARTA; Setelah dilakukan uji laik fungsi Jalan Tol Pasuruan–Probolinggo (Paspro), 31,3 Km kini siap dioperasikan. Sebelumnya jalan tol Paspro dibuka fungsional mendukung kelancaran arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ruas tol tidak harus diresmikan, termasuk ruas tol Paspro. “Tidak harus menunggu diresmikan. Pengoperasian tol bisa dilakukan sehingga bisa segera digunakan masyarakat,” kata Basuki dilansir dari laman Setkab (11/2/2019).

 

Terlebih, tol ini dulu sudah dibuka, sekarang bisa segera beroperasi. Ia menunjuk ruas tol di Medan juga ada Seksi I sudah diresmikan, maka seksi II nya tinggal langsung pakai dan tidak perlu seremonial lagi.

 

Beroperasinya jalan tol Paspro diyakini memangkas waktu signifikan perjalanan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya dari 2,5 jam jadi 30 menit. Dengan konektivitas lebih baik ini, jalan tol Paspro membuka peluang bangkitnya potensi daerah yang meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

 

Dirut PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, Dwi Pratikno saat meninjau Tol Paspro menambahkan, pembangunan tol ini lancar. “Tol Paspro ini dimulai dari seksi I Grati (Pasuruan)–Tongas, Seksi II Tongas–Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat–Probolinggo Timur, panjangnya 31,3 Km” ujarnya.

 

Total investasi Tol Paspro ini Rp4,6 triliun untuk 3 seksi dengan hak konsesi 50 tahun. Rest area di Tol Paspro ini ada 4 rest area tipe B yakni masing2 dua di jalur kiri dan kanan. “Lahannya hampir 4 ha untuk masing2 rest area. Rest area tipe B ini tidak ada SPBU-nya. Jarak antar rest area 7,5 km” ungkap Dwi.

 

Probolinggo-Banyuwangi

Setelah jalan tol Pasuruan-Probolinggo dioperasikan, Menteri PUPR mengemukakan, Pemerintah fokus mengerjakan jalan tol Probolinggo hingga Banyuwangi. “Kalau pembebasan lahannya selesai maka mudah2an 2020 akhir bisa selesai sampai Banyuwangi,” ucap Basuki.

 

Pemerintah telah membangun jalan tol 782 Km dalam kurun 4 tahun (2015-2018), di antaranya jalan tol trans Jawa yang 2018 tersambung dari Merak hingga Grati, Pasuruan. Tahun 2019, jalan tol yang akan selesai ditargetkan 895 Km, di antaranya termasuk beberapa ruas tol Trans Sumatera.  (kmj; Retno Tri Wardani; Bahan dari : https://economy.okezone.com/read/2019/02/11/320/2016273/lewat-tol-trans-jawa-pasuruan-ke-probolinggo-cuma-30-menit)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close