Psikologi

Lima Macam sikap diumpamakan gelas

Ada 5 macam sikap ketika seseorang dapat pelajaran, bagai 5 jenis gelas.

1-Gelas Pertama adalah gelas yang tertutup.

Karena tertutup, gelas ini tidak dapat diisi dengan apapun.

 

Gelas ini menggambarkan sikap seseorang yang tidak mau menerima pelajaran dari orang lain. Orang ini menganggap ajaran orang lain adalah salah, meskipun dirinya sendiri tidak tahu mana yang benar. Ia tak mau menimbang dan merenungkan kata-kata orang lain.

 

2- Gelas Kedua adalah gelas yang sudah penuh berisi air.

Karena itu tidak dapat di isi dengan apapun. Gelas ini menggambarkan sikap seseorang yang mau mendengar, tetapi karena di dalam dirinya sudah ada ajaran yang dia percaya pasti benar, maka pelajaran yang lain tidak bisa diterima olehnya. Pelajaran yang sudah ia miliki ini menghalangi dirinya untuk mau menimbang dan merenungkan kata-kata dari orang lain.

 

3-Gelas Ketiga adalah gelas yang pecah.

Karena itu sekalipun dapat diisi, gelas ini tak bisa menampung air yang dituangkan ke dalamnya. Gelas ini menggambarkan seseorang yang tidak mampu mencerna peajaran apapun.

 

Karena itu, meskipun dia ini mau mendengar, mau merenungkan ajaran yang diterima, tapi ada halangan kekotoran batin yang membuat dirinya tak mampu memahami ajaran. Entah itu halangan fisik, halangan mental atau kebodohan.

 

4-Gelas Keempat adalah gelas yang berisi kotoran.

Karena itu apapun yang dituangkan ke dalam gelas ini akan menjadi kotor. Gelas ini menggambarkan seseorang yang punya sikap jahat. Jika orang ini bertemu dengan yang pandai, ia akan menjadi iri.

 

Kalau bertemu dengan yang lebih bodoh, ia akan menghina atau merendahkan. Kalau bertemu dengan yang setara, ia menganggapnya sebagai pesaing. Orang seperti gelas ke empat adalah tipe orang yang paling dihindari oleh seorang guru. Jika ada murid seperti ini, guru yang bijaksana akan menjauh.

 

5-Gelas ke Lima adalah Gelas yang bersih dan kosong.

Karena gelas ini kosong maka ia bisa diisi oleh berbagai macam pengetahuan. Gelas ini menggambarkan sikap seseorang ideal untuk belajar. Sekarang, pilihan gelas ada di tangan kita. Gelas no 1, 2, 3, 4, atau 5.

 

Tetap semangat. (Muchtar AF; dari grup WA-VN; Sumber dari : http://inspirasigesang.blogspot.com/2013/05/perumpamaan-5-macam-gelas.html)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close