Kesehatan

Penyakit Kelainan Genetik karena Incest

(health.detik.com)-JAKARTA; Seorang pria M (45) dan 2 anaknya SA (23) dan YF (15) diamankan polisi Lampung karena bersetubuh sedarah (Incest). Korban AG (18) anak kandung serta adik dan kakak para pelaku yang menyandang keterbelakangan mental.

“Sudah, ketiganya sudah jadi tersangka,” kata Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas seperti dikutip dari detiknews pada (23/2/2019).

Incest itu hal yang tabu atau ilegal dilakukan hampir di seluruh dunia. Salah satu alasannya karena perilaku incest bisa berhubungan dengan menyebarnya penyakit kelainan genetik. Apa saja penyakit Genetik yang bisa muncul karena incest? Berikut rangkuman detikHealth dari berbagai sumber:

 

1-Hemofilia

Hemofilia, penyakit darah yang muncul karena mutasi genetik menyebabkan seseorang kekurangan faktor pembekuan darah. Penyandang hemofilia rentan terhadap cedera karena tubuhnya kesulitan menghentikan perdarahan.

Incest diketahui jadi salah satu faktor risiko terjadinya mutasi itu. Tokoh2 terkenal hasil hubungan incest yang menyandang hemofilia seperti contohnya Pangeran Leopold anak dari Ratu Inggris Victoria.

 

2-Mikrosefali
Mikrosefali itu kelainan ukuran kepala kecil pada bayi baru lahir akibat otak tak berkembang sempurna. Satu studi yang dipublikasikan di Annals of Translational Medicine 2016 menyusun rumus tingkat mutasi yang berhubungan dengan mikrosefali pada daerah dengan aktivitas incest.

Anak yang lahir dengan mikrosefali ada kemungkinan untuk mengalami kecacatan dan tingkat inteligensinya rendah.

 

3-Malformasi Kongenial
Cacat lahir atau malformasi kongenital ini kecacatan akibat kelainan perkembangan janin di kandungan. Studi di jurnal Reproductive Health (2009) melihat angka cacat lahir tinggi pada populasi warga arab yang menikah dengan saudaranya. Studi lain dijurnal Genetic Counseling 2012 menyebut kalau pernikahan di antara saudara sepupu meningkatkan prevalensi cacat lahir antara 1,7 – 2,8%.

 

4-Penyakit Lanjutan
Satu studi dalam jurnal Medical Genetics tahun 2003 melihat dampak para pelaku incest pada kesehatan keturunannya tumbuh dewasa. Disebutkan 23-48% penyakit jantung koroner, kanker, hingga depresi pada populasi keturunan dapat berkaitan dengan perilaku incest orang tuanya. Disebutkan juga 36% kejadian hipertensi terjadi dalam populasi keturunan berhubungan dengan incest.

 

5-Masalah sistim imun
Akibat berkurangnya keragaman genetik, keturunan dari pelaku incest bisa memiliki masalah sistem imun. Ini karena informasi genetik sistem imun dari orang tua yang mirip dapat membuat keturunannya kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan.

 

(fds/up; Firdaus Anwar; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4440607/5-penyakit-kelainan-genetik-yang-bisa-muncul-karena-incest)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close