Kesehatan

5 Jenis Kacang-Baik dikonsumsi untuk Diabetasi

(lifestyle.bisnis.com)-JAKARTA; Penderita diabetes (DM) harus berpantang banyak makanan agar kadar gulanya tidak naik terus. Pola makan sehat dan gaya hidup teratur kunci penting penderita DM tetap sehat. Ada ber-jenis2 makanan yang dilarang misalnya yang mengandung kadar gula tinggi.

 

Tapi, ada juga banyak makanan yang dianjurkan agar tetap sehat. Kacang adalah sumber nutrisi yang baik, karena mengandung banyak vitamin, mineral, kalsium, dan asam lemak tak jenuh. Dianjurkan untuk memiliki segenggam kacang setiap hari agar tetap sehat.

 

Jika Anda penderita DM, maka mengonsumsi semua jenis kacang bukan ide yang baik untuk Anda. Penting makan dengan penuh perhatian agar kadar gula darah Anda terkendali. Berikut ada 5 jenis kacang yang baik untuk penderita DM dilansir dari timesofindia.com

 

1-Kacang Almond

Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal, Metabolism (April 2011), Almonds mengelola kadar glukosa pada orang DM. Almond mengurangi stres oksidatif, yaitu faktor kunci yang bertanggung jawab untuk DM dan penyakit jantung. Satu porsi almond memenuhi kebutuhan magnesium harian Anda.

 

Kacang almond mentah adalah yang terbaik. Anda juga bisa merendamnya dalam air semalaman dan memakannya di pagi hari.

 

2-Kacang Kenari

Kacang kenari tinggi kalori tapi tak berdampak besar pada berat badan. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Diabetes, Obesitas, dan Metabolisme, mengonsumsi kacang kenari memberi Anda perasaan kenyang dan mengurangi hasrat makanan lain.

 

Ditemukan juga mengonsumsi kenari teratur membantu menurunkan berat badan dan mengurangi kadar insulin puasa pada seseorang. Konsumsi kenari mentah dengan kulitnya yang utuh.

 

3-Kacang Pistasio

Pistachio padat dalam energi tetapi sumber protein dan lemak baik, yang membantu Anda tetap kenyang lebih lama. Sesuai penelitian (2014), yang diterbitkan di Review of Diabetic Studies, makan pistachio membantu meningkatkan kadar gula darah pada penderita DM. Pistachio asin harus dihindari. Anda bisa makan 30 kacang setiap hari dengan semangkuk salad buah2an.

 

4-Kacang kacangan

Sumber protein dan serat yang baik, kacang tanah bermanfaat bagi penderita DM tipe 2. Makan kacang setiap hari, membantu penurunan berat badan dan meminimalkan risiko penyakit jantung. Kacang juga mengontrol kadar gula darah pada penderita DM dan mencegah perkembangan diabetes sejak awal. Anda dapat makan 28-30 kacang mentah tiap hari.

 

5-Kacang Mete

Konsumsi  kacang mede teratur menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang mete lebih sedikit lemak dibanding kacang lain. Selain itu, kacang ini tak berdampak negatif pada kadar glukosa darah atau berat badan. (Reporter dan Editor : Mia Chandra Dinisari; Bahan dari : https://lifestyle.bisnis.com/read/20190115/106/878752/5-jenis-kacang-yang-baik-dikonsumsi-untuk-penderita-diabetes)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close